Jumat, 19 Desember 2008

Kotadonok

KOTADONOK
Ada cerita menarik ketika aku masih sekolah d SDN 1 Kotadonok sekitar tahun 1970. waktu itu di daerah Lebong akan dipasang listrik di hampir setiap desa, termasuk Kota Donok. Pada suatu siang, iring-iringan mobil truk membawa tiang beton listrik dengan bangga, dalam hati mereka berkata, “Wah sebentar lagi sampai di Kota Donok!” Hal itu terungkap ketika mereka sampai di Jembatan Bioa Tiket (Jembatan Air Tiket) membaca plang papan bertuliskan “Selamat Datang di Desa Kota Donok!”
Pikir mereka, desa dari Kota Donok sudah mereka masuki, tinggal Kota Donoknya lagi. Setelah mereka melintasi Desa Kota Donok dan akhirnya sampai di daerah Pondok Lucuk merasa heran, kenapa Kota Donok or Central of City belum mereka temui, padahal desanya aja sudah dilewati.
Akhirnya, ketika ada beberapa penduduk yang berjalan kaki di daerah itu. Mereka pun bertanaya.
“Pak, numpang tanya. Kota Donok masih jauh nggak?” tanya mereka. Tentu saja yang ditanya merasa heran, apalagi bahasa Indonesianya agak berbelok-belok.
“Sudo lewat, Pak!” kata penduduk yang ditanya tentang Kota Donok. Kini giliran pembawa tiang beton listrik itu yang bengong.
“Kok sudah lewat, yang baru kami lewati tadi ‘desa’ Kota Donok,” kata mereka.
“Ya, Desa Koto Donok itulah ‘Kota Donok’” jawab penduduk itu.
Maka, setelah mendapat jawaban itu, makin bingunglah rombongan rekanan PLN tersebut. Bingungnya bukan apa-apa, tetapi, untuk kembali ke Desa Kota Donok mereka mengalami kesulitan, karena jalan yang ada sempit dan tak mungkin truk besar mereka bisa memutar arah.

Sejarah
Dulunya, Kotadonok bernama Kutei Donok yang artinya Desa Tengah-Tengah. Beberapa analisa sejarah menyebutkan, maksud ‘tengah-tengah’ atau Donok itu, karena letak desa Kota Donok berada di antara Curup dan Muara Aman. Kalau dari Curup jaraknya 40 Km dan kalau dari Muara Aman berjarak sekitar 30 Km.
Hanya saja pergantian nama dari Kutei Donok menjadi Kotadonok, belum ada yang dapat menjelaskannya, kapan? (tahun berapa?). Di dalam dokumen-dokumen orang Belanda tempo dulu, sudah tertulis nama “Kotadonok”. Diperkirakan nama Kutei Donok itu terjadi antara abad ke 9 hingga abad 14 M.
Sebab, dalam ensikplodia Amerika tahun 1560 disebutkan pengaruh Islam sudah masuk ke daerah Sumatera Bagian Selatan (Palembang, Bengkulu, Lampung dan Jambi) sekitar tahun 700 M. Berarti, suku bangsa Rejang sudah mendiami lembah Air Ketahun (lembah Bukit Barisan) sebelum tahun 700 M.
Sejarah sukubangsa Rejang yang ramai ditulis, itu berkisar antara tahun 1415 sampai 1800 M pada masa jayanya para Bikau (Biku). Padahal sebelumnya, di daerah Pinang Belapis atau Renah Sekalawi dan kemudian berganti nama menjadi Lebong (berasal dari kata ‘telebong’ artinya berkumpul.
Sementara orang belanda melalui VOC-nya mulai masuk ke Indonesia tahun 1610 dan sampai tahun 1799. Penguasa Hindia-Belanda, dari masa VOC, pemerintahan Belanda, Inggris hingga masa pendudukan Jepang dan pengakuan kedaulatan Republik Indonesia. Di masa penjajahan Belanda, para penguasa ini biasanya memiliki gelar Gubernur-Jenderal. Perioderisasi penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia, termasuk daerah Bengkulu dengan urutan sebagai berikut: (1). Masa VOC (1610 -1799), (2) Masa kekuasaan Belanda Idi bawah kekuasaan Napoleon di Perancis (1800-1811), (3). Masa kekuasaan Inggris (1811-1816), (4). Masa kekuasaan Belanda kedua (1816-1949) dan (5). Masa kekuasaan Jepang (1942-1945)
Desa Kotadonok yang sekarang dimekarkan menjadi 2 (dua) desa, yaitu Kotadonok dan Desa Suka Sari dalam sejarah sukubangsa Rejang merupakan salah satu desa (kutai) tertua setelah Topos (Tapus; yang juga sudah dimekarkan menjadi dua desa). Desa Tua lainnya seperti Semlako (Semelako), Desa Muara Aman, Tubai, Tlang Blau (Talangbaru), desa Tanjung. Sebagai desa tua sudah pasti memiliki sejarah yang cukup panjang dengan dampak untuk daerah sekitarnya.
Kotadonok seperti lazimnya desa-desa di Lebong berada di lembah Bukit Barisan, yang sebagian besar tempat pemukiman penduduknya berada di lereng-lereng bukit. Seperti hal Kotadonok sepanjang Bioa Tiket (Air Tiket) sampai Tepat Taukem (Tepat Rukam)—perbatasan dengan desa Tes. Letak geografis desa ini berada di lereng bukit dan di bawahnya terhampar Danau Tes termasuk anak danau seperti Danau Tawen Blau (Ketahun Baru), Teluk Buluak (Teluk Bambu), Tlang Macan beserta pulau kecil yang sering disebut dengan nama Jungut Benei (Tanjung Pasir) dan Tanjung.
Berdasarkan cerita orang-orangtua di Kotadonok menyebutkan pada umumnya penduduk desa itu berasal dari Topos dan Tlang Blau. Tidak heran jikalau masyarakat Kota Donok yang sering membayar nazar atau disebut misaim niat, itu tempat di Topos atau Tlang Blau. Pertalian antara penduduk Kotadonok dengan Topos, Tlang Blau merupakan pertalian geneologis, bukan berdasarkan territorial. Begitu pula dengan penduduk desa baru Tlang ratau (Talang Ratu) merupakan hubungan geneologis. Karena desa Tlang Ratau merupakan pengembangan masyarakat dari Desa Kotadonok.

Arsitektur asli Rejang
Seperti di desa tua lainnya di Lebong, bentuk dan ornament yang ada di bangunan rumah-rumah penduduknya hamper sama. Tentang ornament yang terdapat pada rumah-rumah penduduk asli orang Rejang terdiri dari 2 (dua) kelompok. Jenis (kelompok) pertama merupakan bangunan rumah berornamen dan memiliki sifat arsiterktur bernilai tinggi yang erat kaitannya dengan ststus social dan keberadaan pemiliknya.
Di desa Kotadonok pun demikian. Pada umumnya, rumah asli penduduk Rejang terbuat dari bahan kayu yang berkualitas tinggi. Rumah yang terdiri dari bahan kayu (papan) tersebut bertahan lama sampai ratusan tahun dan sampai sekarang masih utuh. Rumah-rumah tua itu selalu dihiasi dengan ornament seni yang tinggi, kendati terlihat sangat sederhana.
Misalnya di bagian risplang rumah. Selalu dihiasi dengan ukiran penuh dengan symbol-simbol flora seperti daun, bunga atau lainnya. Demikian pula di bagian dinding rumah—terutama di bagian depan selalu dihiasi dengan ukiran dari papan lain yang kemudian ditempelkan dinding (menyatu).
Ciri khas lain ornamen klasik penuh dengan arsitektur benrilai tinggi pada rumah orang Rejang yang yang mengisyaratkan memiliki status social yang lebih baik adalah pemasangan papan pada dinding dilakukan secara berdiri dan di bagian dinding depan rumah biasanya hanya ada dua jendela dan sebuah pintu berukuran besar. Rumah orang Rejang seperti itu, biasanya memiliki ruang tamu di bagian depan yang cukup besar.
Untuk ruang tamu demikian, di samping jendela di bagian depan. Masih ada dua jendela di sisi kiri dan kanan. Kecenderungan seperti itu hampir pada semua rumah asli orang Rejang. Pada ruang kedua, biasa merupakan ruangan keluarga yang berukuran separuh dari ruangan tamu yang ada di depannya. Di ruangan kedua itu, sebagian ruangnya digunakan untuk kamar tidur utama. Sementara dipan tempat tidur bagi yang mampu bisa saja diletakkan di salah satu sudut ruang tamu, ruang keluarga pertama dan ruang keluarga kedua.
Ciri khas lainnya rumah asli orang Rejang adalah bertingkat dan mempunyai karakter tinggi dengan tiang-tiangnya disertai bentuk rumahnya yang membujur (empat persegi panjang). Ada yang memanfaatkan tingkat bawah sebagai temat kumpul-kumpul keluarga sehari-hari dan ada yang tidak memanfaatkannya. Artinya dibiarkan kosong dan biasanya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk menyimpan bahan kayu bakar, kandang sapi, kandang ayam atau menyimpan bahan-bahan bangunan lainnya.
Kemudian, rumah-rumah seperti itu hampir semuanya mempunyai kamar mandi di bagian belakang lengkap dengan pancurannya dan juga tempat menyimpan berbagai alat-alat pertanian dan menggantung pakaian kerja. Karena, kalau diletakkan di ruang kamar mandi yang serbaguna itu, akan mudah untuk dicuci (dibersihkan).
Dulunya, rumah-rumah asli Rejang itu, walau papan lantainya sudah demikian mengkilat karena selalu di-pel, sebagian pemiliknya yang mampu akan menambahkan alas lantainya berupa paran (tikar anyaman dari rotan atau kulit bambu yang tua dan pilihan). Paran itu juga dianyam dengan tambahan ukiran sedemikian rupa.
Kemudian rumah-rumah itu memiliki plapon yang juga terbuat dari bahan kayu (papan) pilihan, sehingga di atasnya dimanfaatkan untuk tempat menjemur atau mengeringkan biji kopi. Menyimpan hasil perkebunan lainnya, seperti pisang, nangka dan buah-buahan lainnya.
Bangunan rumah asli orang Rejang memang sudah sedemikian maju dan itu menandakan pengetahuan orang Rejang terhadap design bangunan rumah sudah demikian tinggi. Karena, sebuah bangunan rumah mereka, sudah lengkap dengan ruang-ruangnya. Ruang tamu, ruang keluarga, ruang bermusyawarah, kamar tidur, kamar gudang (tempat beras dan lainnya), dapur, kamar mandi (ruang kamar mandi), ruang menyimpanan berbagai hasil pertanian dan sebagainya. Semuanya, satu dengan lain dipisahkan oleh dinding papan yang dibuat sedemikian rupa.
Oleh karenanya, ada beberapa istilah yang dipakai untuk menyebut ruang-ruang atau kamar di dalam struktur rumah asli Rejang. Misalnya brendo (beranda, teras rumah), smigo (ruang utama yang letaknya paling depan sesudah bredo), bilik (kamar tidur), dopoa (dapur), palai (ruang di atas plapon rumah), ndea (tangga), kemdan (jendela0, bang (pintu).
Untuk menyebut bilik (kamar tidur) biasanya ditambah dengan nama siapa yang sering tidur di kamar tersebut. Misalnya kamar tidur nenek maka disebut bilik sebei dan seterusnya. Dalam arsitektur orang Rejang sudah mengenal model-model daun jendela dan pintu. Untuk pintu utama, biasanya selain pintu lapisan pertama terbuat dari kayu. Kemudian pada lapisan kedua ada pintu yang terbuat dari kaca yang dibingkai dengan kayu. Sementara untuk pintu kedua (di dalam rumah) tidak demikian. Cukup dengan daun pintu terbuat dari papan.
Melihat seni arsitek ‘ukir’ pada dinding, pintu, jendela dan dinding-dinding ruang rumah orang Rejang kemungkinan dipengaruhi oleh seni kaligrafi dalam agama Islam dan aliran naturalisme. Sebab, melihat dari lika-liku ukiran, simbol yang dilukis dan rangikaian-rangkaian ukirannya, memang demikian.

Kedatangan Sukubangsa Lain dan Konsep Pembauran
Orang Rejang terkenal dengan sikap ramah dan tamahnya kepada siapapun. Sampai-sampai penghormatan dan penghargaannya kepada orang lain selain suku Rejang sangat tinggi. Pada akhirnya timbul kesan mengabaikan sesama orang Rejang sendiri. Di desa Kota Donok (saya menulisnya dengan suku kata ‘Kotadonok’) sejak lama sudah terjadi pembauran dengan warga sukubangsa lainnya. Baik sukubangsa yang ada di Indonesia maupun orang asing (sukubangsa di luar Indonesia).
Pembauran yang begitu harmonis tersebut sering diakhiri dengan ikatan perkawinan sebagaimana diatur dalam adat Rejang dan hukum perkawinan Indonesia (sekarang dikenal dengan UU No 1/1974 tentang perkawinan). Alasan menyebut orang rejang terutama di Kotadonok sudah lama mengenal konsep kehidupan pembauran adalah datang, menetap dan adanya pernikahan antara orang Kotadonok dengan orang luar tersebut.
Baik dengan orang Belanda, Jerman, Tiongkok, India dan Persia (untuk orang luar Indonesia) dan untuk orang di luar orang Rejang seperti dengan orang Bengkulu, Palembang, Padang, Kerinci, Lampung, Jawa dan Sunda. Dan itu dapat dibuktikan sampai dengans ekarang ini. Di Kotadonok sekarang berdiam sukubangsa Rejang (99%), selebihnya ada suku Jawa, terutama di lokasi Transmigrasi Pemangkuraja, Bali (Islam), Padang, Bengkulu, Palembang, Sunda, Lampung dan selebihnya orang Rejang di luar Lebong.

Mata Pencaharian
Mata pencarian orang Kotadonok meliputi bertani (termasuk berkebun) hampir 95%, kemudian swasta, PNS, TNI, Polri, profesi dan berdagang (supir atau buruh). Pola pertanian yang dijalankan adalah pola pertanian tradisional dengan kepercayaan-kepercayaan yang melekat pada sanubari orang Rejang di Kotadonok.
Hasil utama pertanian adalah padi sawah (dulu ada padi darat/ladang), sayur-mayur. Sedangkan hasil perkebunan seperti kopi (utama), kemiri, dan hasil perkebunan lainnya seperti pisang, coklat (komoditi baru), serei dan beberapa lagi. Namun pada umumnya hasil perkebunan yang dikelola hanyalah kopi. Masyarakat desa Kotadonok dahulu kalanya adalah masyarakat yang sangat sejahtera dengan hasil pertanian, perkebunan, perikanan yang melimpah ruah. Namun, sejak tahun 80-an, kondisi hasil pertanian, perkebunan dan kehutanan desa ini sangat merosot.
Kemerosotan itu diakibatkan oleh makin terbukanya isolasi daerah Lebong, sehingga pengaruh dari luar tersebut sangat besar. Banyak anak muda di desa itu sudah enggan mengelola pertanian, perkebunan atau mencari ikan atau sebangsanya. Mereka lebih suka nongkrong di kampung menjadi pengangguran. Belakang—sekitar tahun 2000-an banyak anak-anak desa Kotadonok (termasuk Sukasari) yang pergi merantau serta bekerja di luar Bengkulu. Misalnya ke Riau, Batam, Tangerang, Cilegon, Jakarta, Bandung dan Palembang.

Mata Pencaharian Alternatif
Sejak zaman dahulu kala masyarakat Kotadonok memiliki mata pencaharian alternatif jikalau sedang musim paceklik atau pasca panen. Mata pencaharian alternatif itu seperti mendulang (mencari emas) di Lebong Simpang, mencari ikan dengan peralatan sederhana, seperti jala, jaring, tajua, serapang, kewea dan tubo. Atau mereka mencari luken, kijing, sebkoa, kersip dan kemudian dipajang di pinggir jalan.
Namun, saat ini—setidak-tidaknya 10 tahun terakhir, mata pencaharian alternatif itu sudah jarang dikerjakan masyarakat Koatdonok. Kuat dugaan hal itu akibat pengaruh masuknya beberapa perusahaan besar di bidang perkebunan, seperti perkebunan kopi arabica, kembang edelwis milik keluarga Cendana (era almh Bu Tien Soeharto) dan banyaknya penduduk Kotadonok mencari nafkah di luar daerah.

Pendidikan
Dunia pendidikan di Kotadonok berdasarkan sejarah dan fakta merupakan salah satu basis pendidikan di Lebong. Tidak heran kalau beberapa pejabat di Sumatera Bagian Selatan saat itu dan sekarang, berasal dari Kotadonok. Seperti mantan Gubernur Sumatera Bagian Selatan, Moh Husein—yang saat ini namanya diabadikan sebagai nama RSU Palembang dengan nama RSUD Moch Husein.
Moch Husein adalah putra asli Kotadonok dan rumahnya saat ini masih berdiri tegak dan bagus di Kotadonok dibangun ketika ia menjabat sebagai Gubernur Sumbagsel. Demikian pula putra Kotadonok lainnya, seperti Jamaan Nur, H Zulkarnain (almh) yang sekarang keturunan atau putranya yang cukup berhasil adalah Kurnia Utama yang biasa dipanggil Kukun. Keluarga Pangeran (bukan pangiran), seperti Rully (salah satu ketua DPP Golkar di Jakarta) dan lainnya.
Saat ini sarana pendidikan di Kotadonok tidak begitu menonjol, karena berdirinya sekolah-sekolah di ibukota kecamatan Lebong Selatan di Tes. Di Kotadonok ada 4 (empat) buah Sekolah Dasar (SD) Negeri, sebuah Taman Kanak-Kanak dan sebuah Tsanawiyah Negeri (MTsAIN) yang berada tepat di pinggir Danas Tes—di ujung desa Kotadonok.

Bangunan Tua
Di desa Kotadonok—karena salah satu desa tertua di Lebong, terdapat banyak bangunan rumah tua sebagai aset budaya Rejang. Rumah-rumah tua di desa Kotadonok, seperti di Desa lainnya di Lebong dan di Tanah Rejang merupakan rumah panggung. Rumah-rumah itu dapat dilihat dengan jelas di dekat SDN 2 Kotadonok sampai ke Masjid lama Kotadonok.
Sayangnya, banyak di antara rumah-rumah tua itu, ditinggalkan oleh penerus pemiliknya, kalau pun masih ditunggu—keadaannya cukup memprihatinkan. Walau bahan bangunan rumahnya masih bisa bertahan 50 tahun ke depan dalam kondisi baik. Seharusnya, rumah-rumah tua di Kotadonok harus diperhatikan dengan baik. Pemerintah harus menjadikan itu sebagai aset budaya Rejang.
http://anokjang.multiply.com via nep_prahana@plasa.com by Naim Emel Prahana, Senin (15/12-2008)