Minggu, 14 September 2008
Rara Emeliana Prahana
Rara Emeliana Prahana
Rumah Tua di Kota Donok
sajak 20 Surat Cinta
Sajak Naim Emel Prahana
20 Surat Cinta
(padamu Tuhan)
I
Di balik tetes hujan
kusatukan kata
menuju gelombang menyapa bumi
dalam pelayaran di separuh bulan di siang hari sungai menelanjangi
dada diterik matahari
mimpi yang mengalir, berguling-guling
di antara desah kaki sesampai di tempatnya
seperti matahari dan cahayanya
saat mata kita membaca guratan
jalan nafas dan teriak
sesama pencuri
tetangga berebut dendam dan iri
mematai dengki
mengikuti jejak ambisi
di jalanku jalan siapa saja
inginku di jalan-Nya
meraih yang terakhir kalinya
sambil menggenggam angin
kucabut ilalang yang takut
melempar kalut,
kerut,
keluh,
kesah
pada catatan waktu tak disimak
lalu jadi ombak gelisah rindu tak berumah
terlukis di wajah, tapi rupa siapa
di balik ketinggian hati ini?
II
sapa tinggal seuntai
ditanya kepada siapa-siapa
semua yang memandang bergeser
batu yang hitam kelam
kudiami jua tanah
banyaknya kelahiran dan
kemiskinan ada di mana-mana
itulah kandang kita sekarang
aku pernah mendengar orang berucap :
tangan berulang
- menggapai
- diam dalam
- tubuh,
- luluhkan teguh
- di rapuh aliran
- di sungai-sungai
- menuju muara pembawa
- kata-kataku.
III
Tuhan, jalan ciptaMu yang satu
ketika sampai bumi berakar banyak
bersatu diraut bulan bintang
duka di ombak laut dan pantai
tak selesai dieja tulisan alam
timbul tenggelam di hati
jalanMu sering dilewatkan
waktu yang dibuang dan dilupakan
kulukai waktu dunia
menimbang penawaran
sebentar lagi kematian datang
menggugat hutan pribadi
benang kusut politik kusamnya cinta
melingkar di kediaman kita
ini tanah siapa,
siapa yang merebutnya
yang selalu datang
yang kembali datang
yang sedang pulang
yang sudah bertandang
orang-orang miskin
seperti aku dihempas ombak
dalam irama pembangunan?
IV
Sesekali kurebut malam
mencariMu dalam hiruk pikuk
lelah dan tersudut
rasa terbakar jiwa tak berdaya
menempatkan waktu
di hamparan status
dikemudi kapal di pelataran kampung
anak-anak berkaki telanjang
selalu dalam catatan harian ini.
Cita, cinta dan mimpi
mencari diri mencari ilmu
melankolis di sudut-sudut hunian
mengatakan; aku mengorbankan diri
meninggalkan ketenangan kampung
membina kebinasaan di sini
menjadi perambah kaum kumuh
dalam kecamuk filosofi gneuthi setion
diri
pribadi
kepribadian
berselingkuh di sajadah
malam yang terus membuka pintunya
bergema suara di auditorium kampus
dengan membelah darat
yang meresahkan air samudera
meliarkan angin jadi puting beliung
yang telah terbuka
sulit dilewati
apalagi pintu yang tertutup
menjauhkan diri dariMu
di balik kata ucap yang pandai
memainkan kata-kata
biarkan aku diam di waktu
walau lama kunikahi.
V
Hamba tak berdaya atas diri sendiri
sebelum Kau menyuruh kembali
kutulis puisi ini
dalam bait-bait panjang
desah menatap tempat titik pendaratan
Kau telah menyuruh menulis catatan ini
untuk ditempatkan di persinggahan
untuk dibaca semua yang lewat
tapi, apa yang kubawa kehadapanMu?
agar kelak mengental sepanjang langkah
jalan di jalan bijak
kepada siapa lagi
uraian kata surat ini dikirim
di dalamnya bercerita tentang:
- abang becak
- pesta orang miskin
- keramaian kota
- ombak menampar pantai menenggelamkan perahu nelayan
- anak cucu berebut warisan sejengkal
- semua lengkap seperti FirmanMu
- lapangan kosong
- rumah tak berjendela
- halaman terbakar
rumah siapa
siapa di rumah kita
di luar sepi
(hiruk pikuk memutuskan silaturrahmi)
di gang kampung
lonceng berdentang
sampai ke pegunungan membentang
kumainkan bidak catur
rugi untung diatur
musik yang membentur
selendang penari malam
tak pernah menerima cinta
mata dan kata
waktu sudah banyak terbuang!
VI
Mataku menatap mobil-mobil mewah
pengemudi yang gagah, pemiliknya wah
menuju pemakaman umum
membangkitkan satu pertanyaan
bayangan yang berjalan
menggerakkan bibir dan selendang
penari malam tercecer
di antara ketakutan hilangnya kemiskinan
malam terus menyebarkan gelapnya
beradu tubuh di larangan parkir
Engkau saja dilupakan
apalagi kata-kata dalam tulisan ini
inikah bagian dari cinta di bumi
membuang hutan belantara
memasukkan virus-virus berbahaya?
VII
Hanya kepadamu bukan kepada siapa-siapa
bagian terpenting dari cintaku
biar mengalir sesering dikurung di hutan kamar
dilarang di barak-barak
seringnya merobek langit menguras bumi dengan perasaan
dilepas tanpa batas
kubiarkan langkah ini hanyut di kedalaman lautan terdalam
terluas di atas jagat bumi
aku berdiri dan duduk sendiri di kamar paling sepi tanpa gambar
dan lebel-lebel mufakat sepi sunyi
VIII
Kita sering tidak rela Menjalani keseharian waktu
dibentangan hamparan hati
kata berlawanan langkah bertentangan sendiri
jadi tumpuan yang rapuh gelap gulita mencekam
aku di sini melihat diri sendiri memaknai kekejian teknologi
hamba menghamba materi standar keberhasilan
di saat warna memburamkan dirinya
dimakan usia zaman berpulang ke ruang tanpa penghuni
waktu adalah uang di rindu hilangnya cinta
IX
Dan 20 surat cintaku
melayang mencari teduhnya kata-kata
ditumpukan dokumentasi
catatan yang kubagikan
dibutuhkan atau diacuhkan
dibuang pun cintaku adalah cinta
datang ditujuannya.
X
Cinta adalah kesadaran, kenyamanan dan ketenangan
di kebahagiaan pelabuhan diakhir penyatuan tubuh dan ruh
berumah tiada berbeban berpikir tiada menyindir
biarlah penenggak bir menguasai malam
dan pojok-pojok kota
(sebagian dari puisi dalam antologi 20 Surat Cinta)
20 Surat Cinta
(padamu Tuhan)
I
Di balik tetes hujan
kusatukan kata
menuju gelombang menyapa bumi
dalam pelayaran di separuh bulan di siang hari sungai menelanjangi
dada diterik matahari
mimpi yang mengalir, berguling-guling
di antara desah kaki sesampai di tempatnya
seperti matahari dan cahayanya
saat mata kita membaca guratan
jalan nafas dan teriak
sesama pencuri
tetangga berebut dendam dan iri
mematai dengki
mengikuti jejak ambisi
di jalanku jalan siapa saja
inginku di jalan-Nya
meraih yang terakhir kalinya
sambil menggenggam angin
kucabut ilalang yang takut
melempar kalut,
kerut,
keluh,
kesah
pada catatan waktu tak disimak
lalu jadi ombak gelisah rindu tak berumah
terlukis di wajah, tapi rupa siapa
di balik ketinggian hati ini?
II
sapa tinggal seuntai
ditanya kepada siapa-siapa
semua yang memandang bergeser
batu yang hitam kelam
kudiami jua tanah
banyaknya kelahiran dan
kemiskinan ada di mana-mana
itulah kandang kita sekarang
aku pernah mendengar orang berucap :
tangan berulang
- menggapai
- diam dalam
- tubuh,
- luluhkan teguh
- di rapuh aliran
- di sungai-sungai
- menuju muara pembawa
- kata-kataku.
III
Tuhan, jalan ciptaMu yang satu
ketika sampai bumi berakar banyak
bersatu diraut bulan bintang
duka di ombak laut dan pantai
tak selesai dieja tulisan alam
timbul tenggelam di hati
jalanMu sering dilewatkan
waktu yang dibuang dan dilupakan
kulukai waktu dunia
menimbang penawaran
sebentar lagi kematian datang
menggugat hutan pribadi
benang kusut politik kusamnya cinta
melingkar di kediaman kita
ini tanah siapa,
siapa yang merebutnya
yang selalu datang
yang kembali datang
yang sedang pulang
yang sudah bertandang
orang-orang miskin
seperti aku dihempas ombak
dalam irama pembangunan?
IV
Sesekali kurebut malam
mencariMu dalam hiruk pikuk
lelah dan tersudut
rasa terbakar jiwa tak berdaya
menempatkan waktu
di hamparan status
dikemudi kapal di pelataran kampung
anak-anak berkaki telanjang
selalu dalam catatan harian ini.
Cita, cinta dan mimpi
mencari diri mencari ilmu
melankolis di sudut-sudut hunian
mengatakan; aku mengorbankan diri
meninggalkan ketenangan kampung
membina kebinasaan di sini
menjadi perambah kaum kumuh
dalam kecamuk filosofi gneuthi setion
diri
pribadi
kepribadian
berselingkuh di sajadah
malam yang terus membuka pintunya
bergema suara di auditorium kampus
dengan membelah darat
yang meresahkan air samudera
meliarkan angin jadi puting beliung
yang telah terbuka
sulit dilewati
apalagi pintu yang tertutup
menjauhkan diri dariMu
di balik kata ucap yang pandai
memainkan kata-kata
biarkan aku diam di waktu
walau lama kunikahi.
V
Hamba tak berdaya atas diri sendiri
sebelum Kau menyuruh kembali
kutulis puisi ini
dalam bait-bait panjang
desah menatap tempat titik pendaratan
Kau telah menyuruh menulis catatan ini
untuk ditempatkan di persinggahan
untuk dibaca semua yang lewat
tapi, apa yang kubawa kehadapanMu?
agar kelak mengental sepanjang langkah
jalan di jalan bijak
kepada siapa lagi
uraian kata surat ini dikirim
di dalamnya bercerita tentang:
- abang becak
- pesta orang miskin
- keramaian kota
- ombak menampar pantai menenggelamkan perahu nelayan
- anak cucu berebut warisan sejengkal
- semua lengkap seperti FirmanMu
- lapangan kosong
- rumah tak berjendela
- halaman terbakar
rumah siapa
siapa di rumah kita
di luar sepi
(hiruk pikuk memutuskan silaturrahmi)
di gang kampung
lonceng berdentang
sampai ke pegunungan membentang
kumainkan bidak catur
rugi untung diatur
musik yang membentur
selendang penari malam
tak pernah menerima cinta
mata dan kata
waktu sudah banyak terbuang!
VI
Mataku menatap mobil-mobil mewah
pengemudi yang gagah, pemiliknya wah
menuju pemakaman umum
membangkitkan satu pertanyaan
bayangan yang berjalan
menggerakkan bibir dan selendang
penari malam tercecer
di antara ketakutan hilangnya kemiskinan
malam terus menyebarkan gelapnya
beradu tubuh di larangan parkir
Engkau saja dilupakan
apalagi kata-kata dalam tulisan ini
inikah bagian dari cinta di bumi
membuang hutan belantara
memasukkan virus-virus berbahaya?
VII
Hanya kepadamu bukan kepada siapa-siapa
bagian terpenting dari cintaku
biar mengalir sesering dikurung di hutan kamar
dilarang di barak-barak
seringnya merobek langit menguras bumi dengan perasaan
dilepas tanpa batas
kubiarkan langkah ini hanyut di kedalaman lautan terdalam
terluas di atas jagat bumi
aku berdiri dan duduk sendiri di kamar paling sepi tanpa gambar
dan lebel-lebel mufakat sepi sunyi
VIII
Kita sering tidak rela Menjalani keseharian waktu
dibentangan hamparan hati
kata berlawanan langkah bertentangan sendiri
jadi tumpuan yang rapuh gelap gulita mencekam
aku di sini melihat diri sendiri memaknai kekejian teknologi
hamba menghamba materi standar keberhasilan
di saat warna memburamkan dirinya
dimakan usia zaman berpulang ke ruang tanpa penghuni
waktu adalah uang di rindu hilangnya cinta
IX
Dan 20 surat cintaku
melayang mencari teduhnya kata-kata
ditumpukan dokumentasi
catatan yang kubagikan
dibutuhkan atau diacuhkan
dibuang pun cintaku adalah cinta
datang ditujuannya.
X
Cinta adalah kesadaran, kenyamanan dan ketenangan
di kebahagiaan pelabuhan diakhir penyatuan tubuh dan ruh
berumah tiada berbeban berpikir tiada menyindir
biarlah penenggak bir menguasai malam
dan pojok-pojok kota
(sebagian dari puisi dalam antologi 20 Surat Cinta)
Tidurlah Dengan Mimpi
Cerpen Naim Emel Prahana
“Yah, memang sudah saatnya kita pergi,” kata Nurdin kepadaku saat kami berada di pojok kota yang penuh dengan rumah-rumah kumuh.
“Kalau memang. Apa boleh buat, semuanya pasti ada solusi. Ya, ya kan?” kataku seraya menggerakkan telunjuk ke arah papan nama proyek di seberang jalan yang penuh dengan lubang.
“Ok!” jawab Nurdin.
Betapa ingatku ucapan kami itu dua puluh empat tahun silam. Yang belum mengerti apa itu mesin tik. Apalagi komputer seperti sekarang ini. Kudengar pula banyak omong orang, bahwa zaman sekarang adalah zaman komputer.
Tapi itulah kini. Kawan-kawanku menyebutnya teknologi canggih sebagai upaya mempertahankan hidup. Apa untuk mengganti zaman batu. Di mana saat itu orang-orang hanya mengenakan sehelai daun alam untuk menutupi auratnya. Kini, pabrik-pabrik kain ada di mana-mana. Kain untuk membuat baju corak dan motifnya sangat kaya.
Tapi, itu kan tidak mudah didapat, jikalau aku tak punya uang. Karena aku masih ingat waktu sekolah dasar. Seorang guru lantang berkata.
“kalau kelak dikemudian hari kalian sudah tamat sekolah, lalu pergi ke kota atau tempat lain. Saya sangat senang dan bangga, apalagi kalau kalian nantinya berhasil di tempat orang. Kalain harus ingat itu. Hanya bapak selalu terbayang, apakah di tempat orang yang jauh dari dusun kita, kalian itu cukup memiliki uang? Kalau tidak, bapak selalu terbayang dan bapak sungguh sedih............” kata Pak Halimi waktu memberikan pelajaran Bahasa Inggris.
Kini aku tidak tahu lagi, teman-teman se dusun dulu. Entah di mana. Yang tinggal di dusun memang masih ada. Mereka sudah memegang status penunggu harta pusaka nenek moyang. Dari rumah ke kebun ke sawah ke hutan dan ke sungai, kembali lagi ke rumah menjelang malam tiba.
Seterusnya begitu. Bila sempat setelah mandi mengobrol dengan sanak keluarga di warung di pinggir jalan. Yah, itulah hiburan satu-satunya, selebihnya hanya malam gelap gulita. Listrik sudah lama dicabut zaman Belanda hengkang dari dusun kami.
Sepanjang waktu sepanjang malam, setelah lampu dinding mulai kehabisan minyak. Semuanya tidur pulas, tidurnya orang kampung tidur yang ikhlas dan pasrah. Itu tidak sama dengan tidurnya orang kota yang gemerlapan dengan sinar lampu. Terang benderang di seluruh pelosok kota. Gemerlapnya lampu diskotik, karaoke dan pasar malam. Luar biasa keadaan di kota.
“Dusunku, Cuma sebuah perkampungan yang berada di sisi kiri kanan Bukit Barisan membujur dari Tenggara ke Utara. Nyanyian paling meriah adalah perpaduan suara katak, jangkrik, burung hantu dan teriakan siamang malam. Itu sangat mempesona. Kesejukan yang datang dari tengah hutan, membuat semuanya lelap dalam tidur yang teratur.
Mencoba mencari tahu, di mana dan apa kerja kawan-kawan yang juga pergi ke kota? Sehingga tak terasa doa pun mengalir dalam harapan-harapan pertemuan. Kembali, kembali harapan itu terbuang di tengah hiruk pikuknya suasana kota. Tidak siang tidak juga malam. Malah, waktu di kota lebih dari dua puluh empat jam sehari semalam.
Padahal, waktu sekolah di dusun. Pak guru hanya mengajarkan sehari semalam itu hanya dua pulug empat jam.
“Itu kenangan!”
“Kini mengerang bagaikan banteng lapar yang siap mengejar dan menerkam siapa saja yang mempermainkannya.”
Kemudian akupun beranjak dari pikiran yang menggeluti selama beberapa hari lalu. Aku ingin memberikan kehidupan dalam hidup ini, kepada siapa saja. Kepada apa yang bisa kuberikan, walau hanya selembar kertas kosong yang kurobek dari buku tulis anakku.
Aku sudah tak pernah lagi melihat, meneliti dan membaca lagi setumpuk ijazah dan fotocopynya di sorok lemari. Perjalanan hidup yang sudah di makan usia, telah membuang jauh-jauh kemungkinan-kemungkinan jauh milyuner di negeri ini. Atau jadi politiskus ternama dengan populeritas yang dikenal hingga anak-anak di sekolah taman kanak-kanak.
Atau, bahkan menjadi komentator beberapa acara di stasiun televisi. Betapa jauh rasanya status itu untuk dapat digenggam. Sebab, sejak kecil di dusun, kami diajarkan sopan santun berpakaian. Misalnya, sepulang sekolah kami diharuskan mengganti pakaian dengan pakaian mirip pakaian tidur. Tapi, bahannya dari belacu. Itu sangat membanggakan kalau ada anak di dusun yang punya pakaian untuk bermain yang dibuat dari kain ang dikenal namanya belacu.
Juga, di dusun kami tidak dibolehkan makan di depan pintu. Juga, tidak boleh menyapu rumah di malam hari. Kepada orangtua harus hormat, baik tegur sapa maupun tutur kata aat berbicara. Begitu juga dengan guru. Betapa takutnya kami ketika itu bila berjumpa dengan guru di jalanan.
Kalau melihat ada sosok guru dikejauhan. Kami sudah mulai berancang-ancang untuk bersembunyi atau pergi. Kami tidak sama sekali mengenal rokok apalagi merokok. Karena waktu itu kebanyakan orangtua itu merokok dari daun nipah. Daun nipah yang dipotong-potong sepanjang 10 centimeter itu, kemudian dibuka gulungannya dan dimasukkan tembakau.
“Semuanya dibuat sendiri oleh orangtua kami di dusun”
“Kami tidak mengenal koran!”
“Kami juga tidak mengenal televisi”
“Kami hanya punya radio transistor biasanya merek Cawang atau Philip yang lebih mahal dan mewah!”
Namun, semuanya itu tidak pernah membuat angka kemiskinan melonjak setiap tahun. Walau tidak banyak yang mempunyai kebun sayuran. Tapi, kami sudah dapat memetik berbagai jenis sayuran di pinggiur sawah atau pinggir Kali (sungai). Mulai dari sayuran pakis, genjer, kangkung, selada, jantung pisang dan ikan-ikan dari Kali. Tinggal kami pancing atau memasang tajur (sejenis pancing khusus untuk menangkap ikan berukuran besar) di malam hari. Itulah keadaan dulu, di mana zaman belum semaju sekarang ini.
Setahun lalu, aku pulang dusun bersama anak dan isteri. Sepintas dusunku tidak berubah. Jumlah sekolah masih seperti dulu. Walau jalan sudah diaspal. Tapi, rumah-rumah masih seperti dulu. Tidak ada tambahan. Malahan terasa makin sepi dan tak ada gairah.
Selama dua hari di dusun, barulah kusadari tentang kota di dusun. Anak-anak muda di dusun sudah lebih gila-gilaan dibandingkan anak kota. Pakaian, cara berpakaian dan sopan santunnya. Memang luar biasa majunnya. Anak-anak kecil dan remaja seperti tidak pernah menanggung beban dengan memanggil paman atau waknya dengan sebutan kamu. Seenaknya bercengkrama dengan kata-kata panas dan memanaskan suasana. Para orangtua kulihat hanya menatap. Menatap kepada anak-anak mereka dengan tatapan kosong. Walau kulihat diraut wajahnya ada kemarahan. Tapi, semuanya diam, diam dan tidak menegur apapun.
Sambil menatap pebukutan yang membuju di depan rumah kami yang panggung terbuat dari kayu. Aku berdiri di berendo (teras). Sambil menyapa embun pagi yang membuat lingkungan dusun berada di suhu dingin. Dengan memandang lingkungan pegunungan, aku bertanya; “kemanakah kawan-kawan dulu yang pernah bercita-cita ingin membangun dusun dengan tetap melestarikan akhlak dan sopan santun?”
“Di mana mereka?”
Adakah mereka mendengar panggilanku yang keras sekerasnya menghantam pegunungan Bukit Barisan di dalam diam dan bisuku saat berada di dusun?
“Entahlah”
Dusun dengan orang-orang dusun yang kukenal kebiasaannya tempo dulu. Kini hanyalah bayangan yang melintas di antara bukit-bukit yang sudah gundul. Air-air Kali yang sudah menjadi kecil. Perjumpaan di tengah jalan antar orang dusun yang biasanya penuh dengan tegur sapa, sopan dan ramah. Entah, entah dimana?
Anak-anak perempuan yang belum nikah sampai kepada wanita-wanita ibu rumah tangga. Kulihat betapa bangganya mereka mengenakan celana pendek tidak sampai lutut. Baju kaos sempit hingga memperuncing dua buah rudal di balik kaos ukuran kecil dan sempit itu. Sampai pula banyak yang bangga berlalulalang di jalan dengan mengenakan pakaian separuh badan.
Di bagian depan cuma memperlihatkan celah-celah pebukitan dan di bagian punggung hampir separuh badan, tidak ada kain bajunya. Lalu aku berbisik, “inikah yang mereka sebut zaman modern?”
Orang-orang dusun sudah sama dengan orang-orang di kota. Bahkan, lebih malas untuk berusaha dan bekerja. Mereka cukup nongkrong di warung-warung atau di rumah-rumah penduduk yang gaul. Sementara anak-anak mudanya sudah tidak lagi mengenal sawah, kebun atau ladang. Mereka mondar-mandir dengan sepeda motor yang suara knalpotnya meraung-raung.
“Begitu bangganya mereka berlaku demikian”
Kini, dalam pikiranku terjadi pergulatan yang sangat dilematis. Di kota, semuanya serba harta, jabatan, status dan kemegahan. Aku tak punya. Di dusun, semuanya serba gaya, padahal mereka hidup di bawah garis kemiskinan. Aku harus di mana. Bisakah mimpiku jadi tempat tinggal untuk mereka? Kalau bisa, tidurlah senyenyak-nyenyaknya.
Metro, Juli 2008.
Naim—Syarifuddin Wakili Profesi dan Akademisi
Tim Seleksi Anggota KPU
Naim—Syarifuddin Wakili Profesi dan Akademisi
Dalam rapat pleno khusus DPRD Kota Metro, Kamis (28/8) mulai pukul 10.00 Wib kemarin, yang dihadiri 22 dari 25 anggota dewan setempat, akhirnya berhasil menetapkan 2 anggota tim seleksi calon anggota KPU lima tahun ke depan.
Kedua anggota tim terpilih itu masing-masing Naimmullah Prahana atau lebih dikenal dengan Naim Emel Prahana (wartawan LE) dari unsur profesional dan Dr Syarifuddin Basar Mag (Direktur STAIN Jusi).
Masing-masing menyisihkan calon lainnya dengan suara cukup signifikan. Syarifudin Bazar mengalah 3 pesaing lainnya dengan perolehan 16 suara, sedangkan Naim meraih 12 suara menyisihkan 3 calon dari unsur profesional lainnya.
Sejak dibukanya pendaftaran calon anggota tim seleksi calon anggota KPU Kota Metro, dua minggu lalu. Jumlah pendaftar sebanyak 12 orang terdiri dari unsur akademisi dan profesional.
Dari 12 pendaftar tersebut, 4 orang dinyatakan gugur karena kurang persyaratan dan belum cukup umur minimal 30 tahun. Akhirnya seleksi berkas menempatkan 8 kandidat untuk merebut dua tiket sebagai anggota tim seleksi anggota KPU Metro.
Dalam pemungutan suara yang dilakukan secara tertutup dan langsung dipimpin ketua DPRD Metro, H Amir Hamzah SH didampingi wakil ketua H Ampian Bustami dan Sugeng Haryono. Pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar.
Jumlah suara 22 buah, suara yang rusak 1 dan yang abstein 1. akhirnya dari akademisi terpilih Dr Syarifuddin Bazar dan Naim Emel Prahana dari unsur profesional.
Dalam penyampaian visi—misinya, baik Syarifuddin maupun Naim secara gamplang mengharapkan ke depan anggota KPU benar-benar mampu berdiri independen dan dapat mengakomodir berbagai masalah secara bijak. Posting oleh emel
Naim—Syarifuddin Wakili Profesi dan Akademisi
Dalam rapat pleno khusus DPRD Kota Metro, Kamis (28/8) mulai pukul 10.00 Wib kemarin, yang dihadiri 22 dari 25 anggota dewan setempat, akhirnya berhasil menetapkan 2 anggota tim seleksi calon anggota KPU lima tahun ke depan.
Kedua anggota tim terpilih itu masing-masing Naimmullah Prahana atau lebih dikenal dengan Naim Emel Prahana (wartawan LE) dari unsur profesional dan Dr Syarifuddin Basar Mag (Direktur STAIN Jusi).
Masing-masing menyisihkan calon lainnya dengan suara cukup signifikan. Syarifudin Bazar mengalah 3 pesaing lainnya dengan perolehan 16 suara, sedangkan Naim meraih 12 suara menyisihkan 3 calon dari unsur profesional lainnya.
Sejak dibukanya pendaftaran calon anggota tim seleksi calon anggota KPU Kota Metro, dua minggu lalu. Jumlah pendaftar sebanyak 12 orang terdiri dari unsur akademisi dan profesional.
Dari 12 pendaftar tersebut, 4 orang dinyatakan gugur karena kurang persyaratan dan belum cukup umur minimal 30 tahun. Akhirnya seleksi berkas menempatkan 8 kandidat untuk merebut dua tiket sebagai anggota tim seleksi anggota KPU Metro.
Dalam pemungutan suara yang dilakukan secara tertutup dan langsung dipimpin ketua DPRD Metro, H Amir Hamzah SH didampingi wakil ketua H Ampian Bustami dan Sugeng Haryono. Pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar.
Jumlah suara 22 buah, suara yang rusak 1 dan yang abstein 1. akhirnya dari akademisi terpilih Dr Syarifuddin Bazar dan Naim Emel Prahana dari unsur profesional.
Dalam penyampaian visi—misinya, baik Syarifuddin maupun Naim secara gamplang mengharapkan ke depan anggota KPU benar-benar mampu berdiri independen dan dapat mengakomodir berbagai masalah secara bijak. Posting oleh emel
Kandidat ‘Debat’ Kandidat
Kandidat ‘Debat’ Kandidat
SEKITAR waktu magrib seorang teman mengirim short message service melalui ponselnya. Mengabarkan, kalau pukul 23.00 WIB Jumat malam Sabtu (22/8) lalu itu di stasiun televisi swasta Jakarta akan ada acara “debat kandidat”. Namun, karena ada acara dialog panjang empat mata dengan seorang petinggi penegakan hukum. Nonton televisi akhirnya terlupakan. Nggak apa-apa sih sebenarnya. Nonton debat itu bukan suatu kewajiban.
Kayak seorang elite politik PPP (baca LE, 23/8) dengan judul “Mendukung Alzier Hukumnya Wajib”. Kan nggak kayak gitu nonton televisi. Karena diyakini, Sabtunya (23/8) lalu pasti koran nasional yang terbit di daerah Lampung, bakal menjadikan debat kandidat itu sebagai berita utama halama 1-nya.
Tapi, yang menarik bukan apa-apanya. Sebab, ketika diu suatu pesta pernikahan akbar seorang tokoh yang belum lama ini masuk dalam buku 100 tokoh Lampung. Cerita soal debat kandidat itu diceritakan kembali menurut kacamata masing-masing pemirsa televisi. Walau demikian, jalur netral si pencerita (kawan-kawan dari berbagai profesi), tetap menghadirkan cerita yang bernuansa kocak, evaluatif dan misteri hasil pemilihan gubernur Lampung 3 September 2008.
Debat kandidat sejak beberapa tahun terakhir menjadi trend kegiatan beberapa organisasi, termasuk media cetak dan elektronik. Sekarang sudah tidak menggairahkan lagi. Ini suatu pengakuan yang jujur. Pada awalnya debat semacam itu begitu memberi semangat kepada masyarakat untuk menyaksikannya dan menjatuhkan pilihan suaranya.
Kini, kita tidak bicara soal Lampung atau Indonesia yang lalu. Tetapi, sejak matahari terbit besok, kita harus meletakkan “Lampung yang bagaimana?”. Apakah Lampung yang penuh dengan konflik elite politik atau Lampung yang penuh dengan nuansa damai—yang pada akhirnya damai itu menjadi pendukung (faktor) utama proses pembangunan berkesinambungan dan berkualitas. Ketika kita meletakkan kata “debat” ditambah dengan kata “kandidat” memang seharusnya antarkandidat itu gontok-gontokan, saling menyerang, saling interupsi sesama, tentang apa yang dibicarakan atau ditanyakan pemandu acara. Namun, secara substansi, debat kandidat itu merupakan uji kemampuan kefiguran, keilmuawan, kemampuan, kematangan, sence of responsif dan kecakapan yang mengandung nilai benar dan salah serta keliru.
Di acara debat kandidat itu pemirsa sudah seharusnya memahami ke mana alur program para calon gubernur lima tahun mendatang membawa daerah Lampung ini. Sebab, seorang kandidat tidak hanya dituntut pintar berpidato atau mengemukakan teori-teori dan strategi pembangunannya, ‘jika’ kelak ia terpilih. Juga, tidak hanya ‘diam’ dengan kata-kata singkat, padat dan tepat.
Tapi, penampilan kandidat pada acara debat mempunyai makna yang sangat luas, merupakan gambaran sepintas seorang figur pemimpin yang didambakan masyarakatnya. Untuk pilgub Lampung 2008, para kandidat calon gubernur belum menjadi legalitas pilihan rakyat. Mereka adalah aktor-aktor yang diatur dan disetting oleh elite politik melalui parpol. Memang benar, mereka dipilih langsung oleh rakyat. Akan tetapi makna dipilih langsung itu merupakan aturan dari rule of law pemilihan kepala daerah.
Sementara legalitas pilihan rakyat akan dapat dicermini melalui jumlah pemilih yang memberikan hak suaranya pada saat pemungutan suara dipersentasekan dengan jumlah penduduk yang memiliki hak suara.ditulis naim emel prahana
SEKITAR waktu magrib seorang teman mengirim short message service melalui ponselnya. Mengabarkan, kalau pukul 23.00 WIB Jumat malam Sabtu (22/8) lalu itu di stasiun televisi swasta Jakarta akan ada acara “debat kandidat”. Namun, karena ada acara dialog panjang empat mata dengan seorang petinggi penegakan hukum. Nonton televisi akhirnya terlupakan. Nggak apa-apa sih sebenarnya. Nonton debat itu bukan suatu kewajiban.
Kayak seorang elite politik PPP (baca LE, 23/8) dengan judul “Mendukung Alzier Hukumnya Wajib”. Kan nggak kayak gitu nonton televisi. Karena diyakini, Sabtunya (23/8) lalu pasti koran nasional yang terbit di daerah Lampung, bakal menjadikan debat kandidat itu sebagai berita utama halama 1-nya.
Tapi, yang menarik bukan apa-apanya. Sebab, ketika diu suatu pesta pernikahan akbar seorang tokoh yang belum lama ini masuk dalam buku 100 tokoh Lampung. Cerita soal debat kandidat itu diceritakan kembali menurut kacamata masing-masing pemirsa televisi. Walau demikian, jalur netral si pencerita (kawan-kawan dari berbagai profesi), tetap menghadirkan cerita yang bernuansa kocak, evaluatif dan misteri hasil pemilihan gubernur Lampung 3 September 2008.
Debat kandidat sejak beberapa tahun terakhir menjadi trend kegiatan beberapa organisasi, termasuk media cetak dan elektronik. Sekarang sudah tidak menggairahkan lagi. Ini suatu pengakuan yang jujur. Pada awalnya debat semacam itu begitu memberi semangat kepada masyarakat untuk menyaksikannya dan menjatuhkan pilihan suaranya.
Kini, kita tidak bicara soal Lampung atau Indonesia yang lalu. Tetapi, sejak matahari terbit besok, kita harus meletakkan “Lampung yang bagaimana?”. Apakah Lampung yang penuh dengan konflik elite politik atau Lampung yang penuh dengan nuansa damai—yang pada akhirnya damai itu menjadi pendukung (faktor) utama proses pembangunan berkesinambungan dan berkualitas. Ketika kita meletakkan kata “debat” ditambah dengan kata “kandidat” memang seharusnya antarkandidat itu gontok-gontokan, saling menyerang, saling interupsi sesama, tentang apa yang dibicarakan atau ditanyakan pemandu acara. Namun, secara substansi, debat kandidat itu merupakan uji kemampuan kefiguran, keilmuawan, kemampuan, kematangan, sence of responsif dan kecakapan yang mengandung nilai benar dan salah serta keliru.
Di acara debat kandidat itu pemirsa sudah seharusnya memahami ke mana alur program para calon gubernur lima tahun mendatang membawa daerah Lampung ini. Sebab, seorang kandidat tidak hanya dituntut pintar berpidato atau mengemukakan teori-teori dan strategi pembangunannya, ‘jika’ kelak ia terpilih. Juga, tidak hanya ‘diam’ dengan kata-kata singkat, padat dan tepat.
Tapi, penampilan kandidat pada acara debat mempunyai makna yang sangat luas, merupakan gambaran sepintas seorang figur pemimpin yang didambakan masyarakatnya. Untuk pilgub Lampung 2008, para kandidat calon gubernur belum menjadi legalitas pilihan rakyat. Mereka adalah aktor-aktor yang diatur dan disetting oleh elite politik melalui parpol. Memang benar, mereka dipilih langsung oleh rakyat. Akan tetapi makna dipilih langsung itu merupakan aturan dari rule of law pemilihan kepala daerah.
Sementara legalitas pilihan rakyat akan dapat dicermini melalui jumlah pemilih yang memberikan hak suaranya pada saat pemungutan suara dipersentasekan dengan jumlah penduduk yang memiliki hak suara.ditulis naim emel prahana
1001 Pohon
Oleh Naim Emel Prahana
PEMERINTAH Indonesia sejak zaman Bung Karno dan Pak Harto pernah memberi sumbangan tak ternilai kepada pemerintah Arab Saudi (Saudi Arabia) yang geografis negaranya terdiri dari gurun tandus, bebatuan dan nyaris tidak ada hutan. Indonesia memberikan sumbangan bibit tanaman pohon kepada pemerintah Arab.
Pohon-pohon itu sekarang sudah menghiasi berbagai kawasan jalan raya di Arab Saudi, terutama di Kota Riyadh King Abdul Aziz. Bantuan tanaman kayu itu memang sudah melalui survei tentang kecocokannya di daerah seperti di Arab. Walau demikian, masih dibutuhkan intensitas pemeliharan; pemupukan, pemberian air yang teratur dan sebagainya—agar pohon-pohon kayu yang ditanam itu bisa hidup dan bertahan.
Bahkan, mampu menyesuaikan dan memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan alam sekitarnya, apalagi untuk manusianya. Itulah pohon perindang pohonnya kehidupan lingkungan alam. Walau jumlahnya sedikit dibandingkan dengan luas negara Arab Saudi. Tapi, kehadiran pohon-pohon itu sangat dirasakan manfaatnya.
Seperti halnya buku Tokoh-Tokoh Amerika populer mulai dari George Washington (1732—1799) hingga Athe Gibson (juara tenis, 1927). Mereka tercatat dan dicatat dalam buku itu, karena jelas pertimbangan dasarnya sebagai ‘tokoh’
Artinya, telah memberikan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi rakyat Amerika, terutama hubungannya dengan luar negeri. Dan, yang telah diberikan oleh tokoh-tokoh Amerika itu, benar-benar riil, realistis dan dapat dilihat, dirasakan dan dijadikan kenang-kenangan masa depan masyarakatnya.
Terlalu sensitif bicara tentang ketokohan seseorang, karena, ketokohan itu bukan hanya berdasarkan polling atau angket. Atau melalui angket seperti di media-media massa. Dengan membuat formulir kecil (di balik tujuan bisnis). Maka wargamasyarakat diminta partisipasinya memilih “gubernur pilihanku”. Kalau data mentah itu dijadikan dasar ‘membesarkan’ hati seseorang untuk ‘jadi..............’ maka, keliru besar jika dimasukkan ke dalam kamus populer atau tokoh.
Tapi, langkah itu adalah positif, karena merupakan awal selektivitas ketokohan seseorang. Seseorang dianggap tokoh, jika di tempat tinggalnya ia melakukan sesuatu pekerjaan, pengabdian atau berkarya yang dirasakan oleh masyarakatnya. Walaupun itu, bukan orang di daerah itu sendiri.
Adalah suatu kekeliruan besar jika seorang itu dianugerahkan status tokoh, sementara orang tersebut tidak pernah berkarya di daerahnya dan tidak sama sekali dikenal oleh masyarakatnya. Karena ia berkarya dan mengabdi di daerah (negara) lain. Platform ketokohan itu adalah serius dengan bukti nyata.
Misalnya, ketika pemerintah menetapkan 20 Mei sebagi hari kebangkitan Nasional dan sudah menjadi catatan dalam sejarah bangsa Indonesia. Maka, kita harus berani mengkritisinya. Sebab, dalam AD/ART Boedi Oetomo (BO) tidak pernah mencantumkan untuk tujuan kemerdekaan bangsa Indonesia.
Kemerdekaan Indonesia sebagai tujuan tercantum jelas dalam AD/ART Serikat Islam (SI). Disebutkan bahwa tujuan SI adalah Islam Raya dan Indonesia Raya. Sedangkan BO bertujuan hanya untuk memajukan Jawa dan Madura (pasal 2 AD BO). Kenapa tanggal 16 Oktober (hari lahirnya SI) bukan sebagai hari kebangkitan Nasional? Sementara itu, dr Cipto dan dr Sutomo sendiri pada akhirnya ke luar dari BO, karena tujuan BO tadi itu.
Kado Istimewa Untuk Tohari
Kado Istimewa Untuk Tohari
PRIA bertubuh Indonesia tidak memang tidak terkenal, apalagi populer seperti para selebritis atau tokoh politik. Tapi, kemarin ia sangat populer dan istimewa. Bahkan, dapat penghargaan berupa kado kenang-kenangan.
Kenapa istimewa? Ini dia persoalannya. Pria dengan nama cukup 1 kata itu, Tohari. Dilahirkan 56 tahun silam, tepatnya tanggal 22 Juli 1952, kelahiran dengan tanggal 22 Juli itu membawa berkah.
Sebab, pada tanggal yang sama itu 48 tahun silam, lahirnya lembaga peradilan yang diberinama Kejaksaan (Adhiyaksa). Usia Kejaksaan memang lebih muda dibandingkan usia Tohari. Namun, kesamaan tanggal lahir itu membuat pria berperawakan Indonesia itu, menjadi salah seorang jajaran Kejari Metro yang mendadak populer.
Kepada LE, Tohari mengakui ia senang menjadi pegawai di Kejaksaan Negeri. Kesenangannya itu karena ia telah mewujudkan cita-citanya. Pertama kali tugas, Tohari ditugaskan di Pringsewu 1984, kenangnya. Lalu, Tohari beberapa kali mengalami perpindahan tempat tugas.
Pernah di Kotaagung, Semarang (Jawa Tengah), Sukadana (Lmapung Timur) dan di Metro sendiri. Bapak dari 5 anak, 1 putri dan 4 putra yang beberapa bulan lagi akan memasuki masa purnabhakti. Merasa yakin, apa yang telah diperbuatnya akan membantu pemerintah dibidang penegakan hukum.
Tohari sendiri bertugas sebagai Kaur perlengkapan di Kejari Metro.
“Saya tak pernah merasa terbebani oleh tuga yang dipercayakan kepada saya itu. Karena saya harus mengabdi kepada bangsa dan negara,” ujar Tohari polos.
Mengurai masa silamnya, Tohari mengakui dirinya pindah ke Metro pada usia 8 tahun, karena mengikuti orangtuanya. Jadi, tambah dia jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA diselesaikan di Metro. Hanya universitas ia selesaikan di Bandarlampung.
Menjelang masa purnabhaktinya, Tohari sangat menyadari kondisi Kejaksaan saat ini. Ia berharap rekan-rekan jaksa tidak putus asa atau mengambil jalan pintas menghadapi rumitnya persoalan di Indonesia.
“Saya yakin, mereka (jaksa) adalah orang-orang pilihan, kekurangan adalah hal biaya. Tapi, bagaimana kita memperbaiki atau menutup kekurangan diri kita itu,” ujar Tohari. diposting oleh emel
Mengenal Saya
Tentang Saya
Aku dilahirkan dengan nama lahir Naimmullah dan dalam dunia kepengarangan lebih suka menggunakan nama Naim Emel Prahana. Aku dilahirkan Kotadonok, 13 Desember 1958 dari keluarga petani. Kebetulan menjalani proses pendidikan tingkat Sekolah Dasar di SDN 1 Kotadonok, kemudian melanjutkan ke SMPN 2 dan SMP Muhammadiyah Padang Panjang, Sumatera Barat (1971—1973)
Sedangkan sekolah tingkat SMA aku jalani dengan berpindah-pindah mulai dari SMAN III Birugo Bukittingi, sumatera Barat (1974), SMPPN 51 Lampung di Tanjungkarang, Lampung ( 1976-1997), SMA PGRI Curup, Bengkulu (1977), SMAN 1 Curup, Bengkulu (1978/1979). Dan kemudian melanjutkan studi ke Yogyakarta di FKIS IKIP Negeri Yogyakarta (1979), Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) mengambil jurusan kriminologi (hukum pidana) Yogyakarta. Pernah mengikuti : 1. Kursus Alkitab Terang di Bandung dan Jakarta (1983—1984). Pendidikan Jurnalistik Dakwah di Yogyakarta (1982), Pendidikan Wartawan Dirgantara Nasional di IPTN di Bandung (1991), Pendidikan Jurnalistik Peliputan Pemilu di Surabaya (2003). Dalam pekerjaan pernah
MENULIS
Menulis sejak di SMP Muhammadiyah Padang Panjang, khususnya puisi, kian giat menulis ketika belajar di Yogyakarta. Terutama menulis di media massa, seperti puisi, cerita anak-anak, cerpen, esay, hukum, pendidikan dan lainnya. Kurun waktu 1980-1987; menulis di banyak media massa cetak di Indonesia, seperti Harian Masa Kini, Berita Nasional (Bernas), Kedaulatan Rakyat (KR), Mingguan Eskponen, Majalah Gatotkaca, Suara Muhammadiyah (Yogyakarta), Majalah Hai, Harian Perioritas, Harian Pelita, Harian Jayakarta, Suara Karya, Berita Buana, Yudha Minggu, Skm Swadesi, Merdeka Minggu, majalah Kiblat, Estafet, SKM Simponi, SKM Media Indonesia, Mingguan Sentana, SKM Intijaya (Jakarta), majalah Fakta dan harian Memorandum( Surabaya), Minguan Warta & Niaga, Sku Tamtama (Lampung), SKM Suara Rakyat Semesta (SRS), Riau Pos, Sumeks, SKM Garuda Pos, Sriwijaya Post (Palembang), Harian Semarak (Bengkulu), Harian Semangat, Singgalang (Padang). RIWAYAT PEKERJAAN: Jadi Calon Hakim (mengundurkan diri, 1987), Pimpinan dan Penyiar Radio Deimarga Nusa, Metro, Lamteng (1987-1999), Kantor Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) di Metro (1987-999), Anggota Penyusun AKU Kota Metro di Bappeda (2000-2004), Anggota Komisi Hak-Hak Manusia Kota Metro (2001-2004), Wakil Sekretaris Badan Narkotika Kota (BNK) Metro (2006-2011), Pengurus Lembaga HAM Pemkot Metro (2004-2009). ORGANISASI : Sekretaris Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Ranting SMP Muhammadiyah Padang Panjang, Sumatera Barat (1971-1973), Ketua IPM Ranting SMP Muhammadiyah Padang Panjang, Sumbar (1973), Sekretaris OSIS SMPP Negeri 51 Lampung, Tanjungkarang (1976-1977), Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Kotadonok, Kabupaten Rejang Lebong, Curup, Bengkulu (1977-980), Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta (1979-980), 1. Ketua Departemen Kader HMI Komfak FH UII Yogyakarta, 2. Pengurus SEMA FH UII Yogyakarta (1980-1981), Ketua Musyawarah LPM Keadilan FH UII Yogyakarta (1980), Ketua Komisi III Keuangan BPM FH UII Yogyakarta (1982-1983), Koordinator Departemen Kesra SEMA FH UII Yogyakarta (1983-1984), Ketua Kelompok Mahasiswa Hukum (MT2A) FH UII Yogyakarta (1983-1985), Pengurus Dewan Mahasiswa (Dema) UII Yogyakarta (1983-1984), Ketua Studi Intelektual dan Kebudayaan Lampung (SIK) (1987-kini), Pengurus KAHMI Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten Lamteng (1987-2004), Wakil Ketua DPC PPP Kabupaten Lampung Tengah (1987-2001),Sekretaris DPC Granat Kota Metro (2003–2007), Sekretaris INKAI Cabang Lampung wilayah Timur di Metro (2004-2008), Sekretaris Eksekutif BPC PHRI Kota Metro (2004-2009), Pengurus FORKI Cabang Kota Metro (2005-2010), Wakil Sekretaris II DPD Partai Golkar Kota Metro (2005-2009), Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Metro (2007-2012), Redaktur/wartawan SKU Tamtama/Lampung Ekspres (1987-2002), Ketua Seksi Fim, Budaya dan Pariwisata PWI Cabang Lampung (1993-1997), Ketua PWI Perwakilan Wilayah Timur (Lampung Tengah, Lampung Timur & Metro, 2000-2005), Redaktur Pelaksana Harian Lampung Ekspres Plus (2003-2005), Ketua Umum Paguyuban Keluarga Besar Terminal Induk 16C (Kenal 16C) Metro (2005-2010). SENI DAN BUDAYA: 1.Anggota Perhimpunan Penulis Muda ‘Insani’ Harian Masa Kini, 2. Anggota Perhimpunan Penulis Muda ‘Kreta” Harian Berita Nasional (1980–1982), 3. Pengasuh Buletin Intimate BPM FH UII Yogyakarta (1980-1981), Pimpinan Teater Lataah FH UII Yogyakarta (1980–1984), 1. Anggota Teater UNISI UII Yogyakarta, 2. Koordinator Himpunan Penulis Pengarang dan Penyair Nusantara (HP3N) kordinat Yogyakarta (1980-1984), Pengurus Dewan Kesenian Lampung (DKL) Provinsi Lampung (1983-1986), Pimpinan Harian dan Penyiar Radio Deimarga Nusa di Metro (1987-1999), Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung (DKL) di Bandarlampung (1993–1996), Koordinator HP3N Wilayah Metro, Lampung Tengah (1987-1999), Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung (1996-2001), Ketua Dewan Kesenian Lampung Cabang Lampung Tengah (1996-1999), Anggota Temu Sastra Sumatera di Jambi (1996), Peserta acara 100 tahun wafatnya pujangga Raja Ali Haji di Pulau Penyengat, Riau Kepulauan (1996), Peserta Rakor BNN di Jakarta (2007), : Penasihat Dewan Kesenian Metro (2005-2008).
Kegiatan lain yang diikuti baca puisi, Kongres Cerpen di Bali, Penyair Indonesia 1997 di TIM—DKJ Jakarta, duta budaya daerah Lampung Tengah ke berbagai daerah di Indonesia dan lainnya. Dan, karya-karya puisi sering dibacakan di radio Koln, Jerman. KARYA SASTRA : Antara lain, Sajak Kaca (1984, bersama empat penyair muda Yogyakarta), Kasih Tuan (Yogyakarta, 1985), Kembang Malam Kembang Kelam (Metro, 1986), Poros (Metro, 1986), Puisi Indonesia (DKJ-TIM Jakarta1987), Bruckkenschlag (Koln Jerman, 1988, diterbitkan dalam bahasa Jerman), Solidaritas (1991, bersama penyair Lampung), Puisi Selatan (1992, bersama penyair Sumatera Bagian Selatan), Nuansa Hijau (Bogor, 1995), Sagang (Pekanbaru, Riau 1994), Dari Negri Poci 3 (Cirebon), Buku Cerita Rakyat Lampung (jilid 1, 2 dan 3 Grasindo-Kompas Jakarta, 1988), Buku Cerita Rakyat Bengkulu (jilid 2 dan 3, Grasindo-Kompas Jakarta, 1988), Sjachroeddin ZP: Demi Lampungku, Padamu Bhaktiku, Untuk Indonesia (2007)
ALAMAT: Jl Hasanuddin Gg Salak I No 3 Yosomulyo 21B Metro Pusat KOTA METRO 34112 Telepon/ Handphone:0725-45088, HP 081369012964. Email 1. nep_prahana@plasa.com, 2.nep_prahana@yahoo.co.id, 3. nep_prahana@telkom.net, 4 naim.prahana@ymail.com, nep.prahana@Gmail.com
Desa Kota Donok
Desa Kota Konok atau dalam bahasa Rejangnya (nama aslinya) Kutei Donok. Artinya Kutai atau Desa yang terletak di tengah. Memang lokasi Desa Kota Donok berada 45 Km dari Curup (ibukota kabupaten Rejang Lebong) dan sekitar 35 Km dari Kota Muara Aman (ibukota kabupaten Lebong). Desa Kota Donok berada di tengah-tengah bujuran Bukit Barisan atau berada di jalur Lembah Bioa Ketawen (Air Ketahun), membujur dari Timur ke Barat atau sebaliknya.
Kota Donok berada 5 Km dari ibukota Kecamatan Lebong Selatan, Tes, sekitar 2,5 Km dari Desa Talangratu. Sementara desa-desa lain yang ada di sekitar Desa Kota Donok adalah Tapus (Topos)—sebuah desa tua.
Saat ini Kota Donok sudah dimekarkan menjadi 2 (dua) desa definitif. (1) Desa Kota Donok—desa induk, (2). Desa Sukasari (desa pemekaran). Kemudian ada dua Mangkurajo. Dusun itu merupakan tempat transmigrasi yang berada di lereng dan puncak Bukit Barisan yang dikenal dengan Tebo Buwea oleh orang Rejang. Sedangkan di lembah Tebo Buwea itu ada areal pertanian yang sudah dibuka sejak tahun 1920 zaman Hindia Belanda membuka kawasan tambang emas Lebong Simpang.
Jarak antara Kota Donok dengan Dusun Mangkurajo sekitar 3 Km dengan kondisi jalannya mendaki bukit. Sedangkan jarak dengan Sawah Mangkurajo sekitar 12 Km dan jarak dengan lokasi tambang emas Lebong Simpang (Lebong Sipang) sekitar 21 Km.
Kampug Orang Pintar
Sejak lama Desa Kota Donok dikenal dengan masyarakatnya yang lebih maju dan intelek di banding masyarakat desa lainnya di Lebong. Misalnya Gubernur Sumatera Bagian Selatan, Mochammad Husein adalah putra asli Desa Kota Donok. Demikian pula banyak para tokoh Bengkulu berasal dari Kota Donok, seperti keluarga Zulkarnain—yang sekarang seorang putranya Kurnia Utama alias Kukun menjadi tokoh muda Bengkulu.
Orang-orang Kota Donok sejak zaman dahulu kala banyak mengirimkan anak-anaknya bersekolah di Sumatera Barat, terutama di Padang Panjang, Bukit Tinggi, Payakumbuh dan Padang. Di sisi lain, anak-anak Desa Kota Donok banyak yang menjadi polisi dan tentara. Sedangkan untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) baru dimulai sekitar tahun 1975.
Tokoh masyarakat Bengkulu lainnya yang berasal dari Kota Donok antara lain, Drs Jamaan Nur. Kemudian yang berada di luar Bengkulu seperti di dunia pendidikan Zulkarnain Said (Padang), Drs Fachruddin Iman (Tanjungkarang), di panggung politik ada Alak Masjkoer (Bukittingi), di dunia perbankan ada Drs Rifai (Jakarta), Drs Sademan (Lampung) di militer ada Alfian (Medan), Joni Anwar (Tanjungkarang), Syaiful Nawas (Metro, Lampung) dan lainnya. Dan di bidang penulis dan seni budaya ada nama Naim Emel Prahana SH (Lampung). Dan, de luyen ne gimasiak dau anok sadei Kotadonok debijijai neak ratau, mulai kinei ijai tentra, plisi, PNS, pengusaha dan sebagaine.
Langganan:
Postingan (Atom)