Minggu, 30 November 2008

Kabupaten Lebong

"BERANI lewat hutan kalau pulang malam dari Lebong ke Curup?" Intonasi bernada khawatir terngiang di telinga. Terbayang pula ekspresi cemas dan pandangan tidak percaya. Suasana jalan yang diceritakan salah seorang warga Kabupaten Lebong ternyata benar.
Dalam siraman cahaya lampu mobil, terkadang tampak seorang atau tiga orang berjalan perlahan-lahan di bagian tepi. Pejalan kaki itu tidak membekali diri dengan lentera. Pohon-pohon dan belukar terlihat jauh lebih besar dibandingkan sebelum sinar Matahari menghilang. Tumbuhan yang berada di kanan-kiri jalan itu adalah bagian dari hutan lindung seluas 20.123 hektar di Pegunungan Bukit Barisan. Kabupaten Lebong berada di lereng pegunungan itu.
Jarak dari Lebong Atas, calon ibukota Kabupaten Lebong, ke Curup, ibukota Kabupaten Rejang Lebong, sekitar 60 kilometer. Meski beraspal mulus, kondisi jalan yang berkelok-kelok membuat waktu tempuh sekitar tiga jam. Jalan itu hanya satu-satunya penghubung Kabupaten Lebong dengan daerah lain. Kabupaten ini berposisi kuldesak.
Posisi kuldesak bila di perumahan-menurut feng shui atau ilmu tata letak-mendatangkan hoki atau keberuntungan. Karena hanya memiliki satu jalan masuk dan ke luar, ia bukan merupakan jalan umum. Jalan itu seakan menjadi milik penghuni rumah atau tamunya. Selain terhindar dari suara bising kendaraan yang lewat dan polusi dari asap knalpot, lokasi dengan posisi seperti itu menimbulkan rasa tenang, aman, dan nyaman.
Rasa serupa muncul bila menyusuri lima kecamatan yang berada di Kabupaten Lebong. Meski demikian, posisi itu juga mengakibatkan daerah ini seakan-akan "terisolasi". Satu-satunya daerah yang menjadi tetangga adalah Kabupaten Rejang Lebong yang berada di bagian selatan.
Sebelum akhir tahun 2003, Kabupaten Rejang Lebong merupakan kabupaten induk. Lebong adalah salah satu kecamatan yang masuk wilayah kabupaten itu. Pada 7 Januari 2004, Kecamatan Lebong resmi menjadi Kabupaten Lebong.
Sebagai daerah otonom, kabupaten baru ini telah membuat beberapa rencana pengembangan wilayah. Salah satunya adalah membuka jalan. Jalan alternatif yang hendak dibuat dimaksudkan untuk membuka isolasi transportasi. Dalam perencanaan, jalur baru itu berada di Lebong bagian utara.
Di bagian ini, Kabupaten Lebong berbatasan dengan Kabupaten Kerinci di Provinsi Jambi. Bila terealisasi, jalur itu akan menjadi feeder road atau jalan pengumpan bagi kendaraan trans Sumatera. Kendaraan yang melintasi jalan trans Sumatera akan memiliki alternatif lain ke Provinsi Bengkulu, yakni melalui Kabupaten Lebong.
Dengan keberadaan jalur baru, Kabupaten Lebong bisa memosisikan dirinya sebagai daerah transit di Provinsi Bengkulu dari jalur lintas timur, lintas tengah, serta lintas barat Sumatera. Meski demikian, pembuatan jalan itu terbilang tidak mudah. Pro dan kontra mungkin akan timbul karena jalan itu akan "menembus" Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Luas TNKS yang berada di Kecamatan Lebong Utara sekitar 75.000 ha.
Di luar pro dan kontra yang mungkin akan terjadi, bagi kabupaten sendiri, jalan itu akan mempermudah mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki. Lebong bertekad menjadi salah satu daerah penghasil beras dan ikan di Provinsi Bengkulu. Selain itu, kabupaten ini juga ingin mendirikan pabrik pengolah nilam. Rencana lain yang hendak diwujudkan adalah mengembalikan kejayaan Lebong sebagai daerah penghasil emas, seperti yang pernah dicapainya saat penjajahan Belanda sampai era Orde Lama.
Sayangnya kabupaten ini tidak memiliki catatan berapa banyak kandungan emas yang sekarang dimiliki. Meskipun begitu, dengan cara tradisional, masyarakat berusaha mendapatkan emas. Setidaknya ada sekitar 1.100 orang penambang mengadu nasib di lokasi tambang emas. Satu tambang emas di Kecamatan Lebong Selatan dan empat di Kecamatan Lebong Atas. Emas yang mereka peroleh dijual ke Curup atau ke Kota Bengkulu dengan harga jual Rp 98.000 per gram.
Selain emas, tanah kabupaten ini mengandung berbagai macam bahan galian golongan C. Hasil galian yang masuk dalam golongan ini, seperti marmer, batu kapur, pasir kuarsa dan kaolin, juga sering disebut sebagai bahan galian industri. Penambangan bahan galian C tidak memerlukan teknologi canggih dan umumnya dilakukan secara tradisional sebagai tambang rakyat. Meskipun begitu, potensi ini belum termanfaatkan secara optimal.
Kendala yang dihadapi terutama berasal dari ketiadaan modal. Pertambangan termasuk kegiatan padat modal. Selain digunakan untuk pembebasan tanah pada lokasi penambangan, juga untuk biaya eksploitasi. Terkadang nilai eksploitasi yang dikeluarkan tidak sebanding dengan kapasitas cadangan. Selain itu, berdasarkan inventarisasi dan pemetaan galian C yang dilakukan pada tahun 2002, beberapa deposit bahan galian yang terdapat di kabupaten ini berada di kawasan hutan lindung.
Sampai saat ini perekonomian kabupaten bersandar pada pertanian. Produk pertanian yang menjadi unggulan berasal dari tanaman pangan, perikanan, dan perkebunan. Komoditas andalan dari tanaman pangan adalah padi. Sekitar 20.000 tenaga kerja menghabiskan sebagian besar waktu mereka di lahan persawahan. Dari luas panen sedikitnya 8.000 hektar, diperoleh 33.000 ton gabah kering giling. Selain untuk konsumsi lokal, padi juga dipasarkan ke Curup dan Kota Bengkulu.
Sebagai produk unggulan, pertanian memberi kontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD) melalui retribusi. Setiap tahun dari tanaman bahan pangan, terutama beras, diperoleh Rp 60 juta. Sementara perikanan memberi sumbangannya bagi PAD sebesar Rp 25 juta.
Demi peningkatan pendapatan masyarakat dan kas kabupaten, Pemerintah Kabupaten Lebong membuat berbagai program kerja. Untuk tanaman bahan pangan, terutama beras, dilakukan penanaman padi dua kali setahun di seluruh wilayah persawahan. Lebong yang menghadapi hama tikus membuat gerakan pembasmian hama secara serentak dan gotong royong. Mereka yang dapat menangkap hewan pengerat itu mendapat insentif Rp 500 per ekor.
Untuk meningkatkan produksi ikan mas, primadona dari perikanan, Pemkab Lebong mengadakan balai benih ikan yang berfungsi sebagai penyedia bibit ikan. Usaha lainnya adalah memelihara jalan untuk memperlancar pengangkutan hasil ikan ke pasar. Di pasar, harga jual ikan mas Rp 10.000 per kilogram.
Dari perkebunan, yang menjadi primadona adalah nilam. Sekitar 4.000 pekerja menggarap lahan nilam seluas 575 hektar. Dari luas seluruhnya, terdapat tanaman menghasilkan seluas 171 hektar yang memproduksi 16,84 ton nilam. Dengan menggunakan kayu bakar, nilam mengalami proses penyulingan menjadi minyak nilam. Minyak ini kemudian dipasarkan ke Kota Medan di Sumatera Utara dengan harga Rp 225.000 per liter.
Perkebunan, terutama kopi dan nilam, memberi kontribusi terhadap PAD lewat retribusi sebesar Rp 10 juta. Pemkab Lebong tengah mencari cara baru untuk proses penyulingan minyak nilam. Selama ini masyarakat menyuling secara tradisional dengan bahan bakar kayu. Jika cara ini terus dibiarkan, dikhawatirkan masyarakat akan mengambil kayu dari hutan atau melakukan penebangan liar. (BE JULIANERY/Litbang Kompas)

Tidak ada komentar: