Minggu, 30 November 2008

Pertamina Mulai Garap Cadangan Panas Bumi di Lebong

PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) mulai menggarap cadangan gas panas bumi di Desa Talang Sakti, Hulu Lais, Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu dengan besar cadangan sekitar 650 Mega Watt Energi (MWE).
Sementara cadangan di beberapa lokasi seperti di Desa Tambang Sawah, Kecamatan Lebong Utara dan di kawasan Bukit Daun, akan menjadi target berikutnya, kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Lebong Darsono ATP, Jumat.
Pihak Pertamina sangat serius dan saat ini sudah melakukan sosialisasi terhadap warga sekitar lokasi tambang gas alam itu, disamping sudah mempersiapkan sarana untuk bahan operasi tahap awal yakni mengadakan eksplorasi.
Pemkab Lebong sangat mendukung langkah badan usaha milik negara itu untuk menggarap potensi panas bumi yang sangat melimpah ruah di perut bumi Kabupaten Lebong.
Bupati Lebong Drs Dalhadi Umar belum lama ini mengakui di daerahnya ditemukan potensi panas bumi dan gas alam yang bisa dimanfaatkan untuk memproduksi listrik ratusan MW.
Gas alam berenergi tinggi ditemukan di enam lokasi di daerah itu, sebagian besar berada di pinggiran sungai Ketahun atau hanya sekitar 10 Km dari kota Muara Aman, ibukota Lebong.
Dari enam lokasi itu antara lain di sekitar Desa Sukaraja, ujung Sungai Ketahun dan di Air Kopras, selain itu juga terdapat di sekitar transmigrasi Ladang Palembang dan Lebong Sulit serta di Ulu Lais.
Manajer Mutu PT PGE Wilman Napitupulu mengatakan, untuk menggarap gas panas bumi di Desa Talang Sakti Ulu Lais itu, memerlukan waktu sekitar lima tahun dan menggunakan empat unit turbin dengan kapasitas masing-masing 55 MWE.
Mulai awal tahun 2008 ini pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat guna melihat dampak negatif dan positif yang dapat dijadikan acuan lokasi pengeboran.
"Kami optimis program itu akan terwujud, karena berbagai elemen masyarakat dan pemerintah sangat mendukung," katanya.
Berdasarkan hasil survei Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, cadangan gas alam di daerah itu ditaksir bisa menghasilkan sekitar 1.073 MWE yang terdapat di tiga lokasi, disamping cadangan gas alam berkapasitas besar.
Cadangan panas bumi sebesar itu terdapat di Tambang Sawah, Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong dengan jumlah sekitar 173 MWE, kandungan panas bumi di Padang Hulu Lais, Bengkulu Utara ada 650 MWE dan cadangan di Bukit Daun, Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 250 MWE.
Potensi panas bumi itu merupakan hasil survei Pertamina sekitar tahun 90-an, sedangkan gas alam tersebut belum tercatat dalam peta geologi, karena baru ditemukan, katanya. (*/rsd)

Tidak ada komentar: