Sabtu, 14 Februari 2009

Runtuhnya Peradaban Masyarakat Rejang


Oleh Naim Emel Prahana

Keganasan produk teknologi canggih, informasi dan komunikasi sudah banyak merusak sistem dan nilai-nilai luhur masyarakat di hampir semua bangsa. Hanya sedikit bangsa (masyarakat) yang mampu mengendalikan teknologi canggih tersebut. Yang mampu memanfaatkan dan menggunakan produk teknologi yang tersebut dengan baik, efisien dan menjadi sarana pendukung untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan status sosial ekonomi.
Rumusan ’kemajuan’ memang masih dalam perdebatan. Secara definitif sudah jelas, akan tetapi secara subtsnasi mungkin masih diraba-raba ke mana arah kata maju (kemajuan) itu. Hampir sama dengan arti kata modern (modernis). Kalau dikaitkan dengan sarana transportasi, kemajuan itu tersirat pada rentang waktu yang digunakan dalam perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain.
Perjalanan menunaikan ibadah haji tempo dulu dapat menghabiskan waktu sampai sebulan penuh. Belum lagi pelaksanaan ibadah haji itu sendiri. Sekarang, perjalanan haji dari Indonesia ke tanah Arab Saudi hanya membutuhkan beberapa jam saja. Seperti halnya untuk mendapatkan akses informasi dari berbagai belahan dunia, cukup mengklik beberapa kata di internet.
Di sisi lain, pembangunan sarana dan prasarana transportasi; darat, laut dan udara serta produk transportasinya sendiri sudah sedemikian berkembang dari waktu ke waktu sampai sekarang. Kalau dulu masyarakat di pesesaan yang memiliki pesawat televisi boleh dikatakan tidak ada, padahal saat itu masyarakatnya terbilang makmur, tidak kekurangan sandang dan pangan. Tetapi, sekarang di tengah arus krisis multidimesional dan tinkat ekonomi masyarakat terus merosot.
Hampir setiap rumah penduduk di desa memiliki pesawat televisi—bahkan, di desa-desa di lereng pegunungan yang sulit ditembus jaringan satelit, mampu membeli parabola untuk penangkap siaran televisi. Secara tersirat masalah di atas, kemajuan itu disatu sisi, kemunduran di banyak sisi atau sebaliknya. Itulah yang dialami masyarakat Indonesia saat ini. Terutama masyarakat di pedesaan.
Salah satu hasil studi dan penelitian yang menarik yang saya dan kawan-kawan lakukan selama hampir 10 tahun terhadap masyarakat Redjang (Rejang, pen) di Kabupaten Rejang Lebong (kini menjadi 3 kabupaten; Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang). Adalah merosotnya peradaban masyarakat Rejang yang dahulu kala telah memiliki nilai dan status yang baik di antara sukubangsa lainnya di Indonesia.
Baik di bidang managemen pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan, keagamaan, sosial budaya dan pendidikan. Setelah tahun 1970-an, masyarakat Rejang mengalami kemunduran, terutama pola pikir dan pandangan hidup yang mempengaruhi secara langsung adat kebiasaan sehari-hari dan peradaban masyarakat Rejang secara umum.

Terjebak Arus Informasi
Salah satu faktor yang mempengaruhi mundurnya nilai-nilai adat, kebiasaan dan peradaban masyarakat Rejang adalah informasi yang datang ke daerah Rejang. Informasi yang dimaksud adalah informasi dari media elektronik (televisi, radio) dan informasi orang-orang Rejang di perantauan yang sering kembali ke kampung halamannya. Terutama di daerah Lebong.
Kita ketahui sejak awal, selain mayoritas penduduk Lebong (Kabupaten Lebong sekarang) adalah sukubangsa Rejang. Terdapat pula sukubangsa Jawa, Sunda, Padang, Batak dan Palembang. Interaksi antarsuku memang tidak mengalami kesulitan. Akan tetapi, masyarakat Rejang sangat lamban menyerap pola kerja masyarakat dari suku lainnya di daerah Lebong. Masyarakat Rejang pada umumnya terjebak dengan pandangan hidup praktis, tetapi tidak ekonomis dan tidak efektif.
Sampai tahun 1970 masyarakat Rejang di Lebong dikenal sebagai masyarakat petani yang ulet, tekun, irit dan sangat kuat nilai ikatan kekeluargaannya. Terutama dalam makna gotong royong dalam bidang apapun. Di dalam nilai-nilai kehidupan masyarakat Rejang sangat setia dan taat akan nilai-nilai sosial, agama, seni, budaya dan hukum. Dengan perubahan zaman, terutama berhembusnya filosofi global ke daerah itu, membuat masyarakat Lebong terperangah, kaget dan seakan-akan menemukan dunia baru yang penuh dengan janji-janji kehidupan yang layak.
Dalam normal sosial keagamaan masyarakat Rejang yang dipedomani dan dipatuhi dalam kehidupan saehari-hari adalah pantang anggota masyarakatnya yang kawin cerai. Pantang bagi mereka untuk melakukan perbuatan sumbang besar maupun sumbang kecil di tengah masyarakatnya. Sebab, jika terjadi maka sanksi sosialnya sangat keras dan statis sesuai format nilai-nilai yang mereka ketahui dan jalani selama itu.
Termasuk dalam pergaulan sehari-hari para remaja. Filosofi bahwa pernikahan itu adalah kemampuan dan kemandirian, sangat dijunjung tinggi dan dipatuhi semua lapisan masyarakat. Perbuatan jahat, seperti maling, merampok, membunuh atau pelecehan seksual sampai pemerkosaan akan menjadi traumatik setiap anggota masyarakat Rejang. Akibatnya, perbuatran-perbuatan seperti itu sangat kecil sekali kemungkinan dilakukan anggota masyarakatnya.
Tembok tebal dan kokoh masyarakat Rejang akhirnya satu senti per senti mulai rontoh, banyak anggota masyarakat Rejang yang melanggar norma-norma sosial keagamaan, hukum adat, hukum positif dan normal lainnya. Hal itu diakibatkan perngaruh kehidupan dari luar struyktur masyarakat Rejang. Diawali dengan pernikahan (perkawinan) dengan orang luar dari sukubanghsa Rejang yang hanya mengejar penampilan (format), gaya hidup atau gengsi sosial.
Gadis-gadis Rejang banyak yang tertipu oleh penampilan para pengemudi mobil. Mereka tidak lagi mempedulikan, siapa lelaki yang berkenalan dengan dirinya yang setiap kali bertemu memberikan uang atau oleh-oleh. Tanpa disadari akhirnya ikut berpetualang bersama sang supir mobil ke berbagai desa atau ke luar daerah sukubangsa Rejang. Mereka baru menyadari kalau lelaki yang sering mengencaninya itu adalah seorang lelaki yang sudah beristeri dan punya anak.
Penyesalan memang di belakang. Namun banyak kebanyakan gadis Rejang, penyesalan itu tidak membuat mereka kembali (sadar), bahkan melanjutkan kehancuran moral dalam kehidupan prostitusi terselubung. Baik di daerahnya sendiri maupun di luar daerah Lebong. Yang lebih buruk lagi adalah keluarga si gadis. Mereka menerima dengan kebanggaan hasil-hasil yang diperoleh oleh anak gadis mereka, tanpa ada keinginan untuk menyelidiki; darimana asal harta benda atau uang yang dibawa anak mereka.
Secara umum pada gilirannya masyarakat Lebong menjadi masyarakat yang konsumtif, materialistis dan patembayan. Pola kehidupan demikian sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup masyarakat Rejang di tanah Rejang dan Lebong. Karena, nilai kreativitas, idealisme, moralitas dan mentalitas menjadi rapuh dan tidak mampu membendung infiltrasi budaya luar masuk ke susunan masyarakat Rejang.
Oleh karena itu, harus ada lembaga sensor atau filter terhadap infiltrasi budaya luar yang tidak memberi nilai tambah bagi kehidupan masyarakat Rejang itu sendiri. Kita dapat melihat sekarang, kebiasaan-kebiasaan yang sangat positif, disamping itu memberi dukungan terhadap pelestarian hasil karya masyarakar Rejang sudah ditinggalkan. Misalnya ke kebun, sawah atau ladang, masyarakat Rejang yang umumnya bermatapencarian dari sektor pertanian. Tidak lagi membawa pane (bronang). Semua diganti dengan tas kulit imitasi seperti layaknya anak sekolah.
Ditinggalkannya pane, seperti mereka melupakan alat penangkap ikan kewea (pancing) yang terbuat dari sebatang pohon bambu biyes atau buluak pukua cino. Batang bambu biyes itu memang kuat, lentur dan tidak mudah patah kendati batangnya kecil-kecil. Sehari-hari kita melihat orang Rejang memancing menggunakan alat pancing yang berasal dari kota. Termasuk makanannya. Padahal, pancing demikian hanya untuk ikan-ikan peliharaan di kolam. Sedangkan ikan air tawar yang ada di sungai dan danau mempunyai sifat dan kiarakter tersendiri terhadap makanan ikan-ikan tersebut.
Ini bukan berarti melarang penggunaan alat pancing modern (canggih). Namun, kita hanya melihat dari sudut budaya dan tradisi yang sangat melekat di masyarakat Rejang. Hal itu mengisyaratkan masyarakat Rejang sudah melupakan kaidah-kaidah norma yang hidup di dalam masyarakatnya sendiri.

Pergaulan Muda-Mudi
Melihat kenyataan (realitas) sosial kehidupan masyarakat Rejang awal tahun 2009, semua orang pasti mengatakan sangat prihatin. Nilai-nilai adab, sopan santun, etika dan nilai keagamaan sudah ditinggalkan hampir sebagian besar anggota masyarakatnya, terutama di kalangan generasi muda.
Gadis-gadis yang mengenakan celana pendek ketat, baju kaos ketat yang memperlihatkan paha, lekuk tubuh, pusar, perut, pinggang dan menampakkan dengan jelas celana dalam merupakan hal yang tabu bagi masyarakat Rejang selama ini. Namun, sekarang hal itu sepertinya sudah tidak ada larangan dan sanksi sosial. Akibatnya, anak-anak gadis dengan bebas memperagakan bagian tubuhnya yang mempengaruhi pria untuk menikmatinya.
Kita tidak tahu persis persentasenya, yang jelas dari keterangan-keterangan dan cerita masyarakat Rejang saat ini, tentang mudahnya melakukan perkawinan dan perceraian yang bukan hanya berlaku di kalangan remaja (generasi muda). Tetapi, di tingkat orangtua pun sudah sedemikian merosotnya nilai-nilai sakral suatu perkawinan. Kita tidak tahu lagi, bagaimana 5 atau 10 tahun mendatang. Sekarang saja sudah sangat memkhawatirkan.
Orang Rejang pada saat sekarang pergi ke kebun, ladang atau sawah mengenakan baju bagus. Hal itu tidak pernah dilakukan selama ini di tanah Rejang. Bahkan, sekarang jika ada orang Rejang yang berkebun dan menginap di kebunnya sampai sebulan penuh menjadi cemoohan. Padahal, pekerjaan demikianlah yang dilakukan masyarakat Rejang selama ini untuk menghidupi keluarga mereka.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Dear dang emel.
Muatan tulisan ini sangat bagus sekali, kalau bsia di edit lai tentunya akan lebih bagus.

Dang, bila hal yang dang tulis tadi telah terjadi di lebong (tak hanya Curup), maka prediksi peneliti asing yang menulis kebudayaan rejang akan punah 5 dasawarsa ke depan (sekarang tinggal 4 dasawarsa lagi), adalah benar. Mungkin akan berjalan lebih cepat menuju kepunahan.

Kurangnya informasi yang banyak tentang budaya rejang membuat mereka gak kenal identitas diri. Semoga dang emel bisa menulis lebih banyak tentang rejang. Bila ada ada waktu aku akan mengikuti alur tulisanmu.

Masih kontak dengan Prof. Mc Ginn?

Kulihat blogmu juga di perhatikan beliau.

salam