Sabtu, 13 Februari 2016

Wisata Kota Lubuklinggau



1. Air Terjun Temam
Tempat wisata yang pertama yang wajib anda kunjungi di Lubuklinggau adalah Air Terjun Temam. Air Terjun ini berada sekitar 11 kilometer kearah selatan dari pusat kota Lubuklinggau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter dengan lebar 25 meter. Lingkungan yang masih sangat alami memang menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata paling favorit di Lubuklinggau.
Batu-batuan serta pepohonan hijau yang masih terjaga keasriannya akan menemani perjalanan anda. Jarak air terjun Temam ini sendiri sekitar 6.5 jam perjalanan dari kota Palembang dengan menggunakan kendaraan bermotor. Namun, untuk anda yang berada di daerah ujung utara pulau Sumatera, anda dapat menempuh jalur alternative lain, yaitu melalui Bengkulu yang akan menghabiskan waktu sekitar 4 jam. Sedangkan dari pusat Kota Lubuk Linggau sendiri hanya berjarak sekitar 30 menit perjalanan saja. Wow! Cukup dekat bukan?!

2. Air Terjun Watervang
Objek wisata yang kedua adalah Air Terjun Watervang. Sebenarnya objek wisata yang satu ini adalah merupakan bendungan yang menyerupai Air Terjun. Bendungan yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1941 dibendung untuk pengairan persawahan masyarakat. Pada saat itu area persawahan masyarakat dikawasan sepanjang sungai Kelingi Kota Lubuklinggau sampai ke Kecamatan Tugu Mulyo dan Megang Sakti yang luasnya kurang lebih 8.000 hektar tentu harus memiliki pengairan yang baik.
Selain fungsi utama sebagai pengairan persawahan masyarakat, namun tempat ini juga memberikan suasana yang khas untuk dijadikan tempat wisata. Objek wisata ini terletak kurang lebih 5 km ke arah timur dari pusat kota Lubuklinggau. Kita hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja dari Pusat Kota Lubuklinggau dengan menggunakan kendaraan bermotor. Cukup dekat bukan? Recommended place nih untuk tempat melepas penat dan santai sejenak.
3. Bukit Sulap
Setalah mengetahui dua tempat yang hampir sama sebelumnya, tempat ketiga ini memiliki sedikit perbedaan. Yup, perbukitan! Bukit sulap, adalah sebuah tempat wisata berlokasi hanya sekitar 2 km dari pusat kota Lubuklinggau. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut. Tumbuh-tumbuhan yang masih alami dan asri memang membuat temperatur udara menjadi sangat sejuk.
Untuk anda yang menyukai pertualangan, maka perjalanan menuju puncak bukit patut anda coba, mengingat puncak bukit ini belum dapat dilalui dengan kendaraan bermotor. Memang cukup melelahkan jika ditempuh dengan jalan kaki, tapi semua itu akan terbayar ketika anda sampai di puncak bukit ini. Anda dapat memandang keindahan kota Lubuklinggau, terlebih jika anda melakukan perjalanan dimalam hari yang tentu akan menjadi lebih menarik lagi.
Ditempat ini juga terdapat tumbuhan yang cukup unik dan menarik perhatian. Tumbuhan ini berupa bambu yang batangnya berwarna hijau bersih seperti pohon bambu biasanya, namun dahan dan ranting-rantingnya berwarna kuning serta berduri. Selain itu juga terdapat bambu yang batangnya berlubang tapi dahan dan ranting-rantingnya buntu. Sehingga menjadikan bambu ini mempunyai keunikan dan kekhasan tersendiri yang mungkin tidak akan anda temukan di tempat lain. Bahkan tidak hanya itu, di tempat ini juga terdapat sungai yang memiliki aliran yang sangat jernih yang bernama sungai Kesie. Dengan semua keindahan panorama alam inilah yang menjadikan Bukit Sulap sebagai salah satu objek wisata yang wajib anda kunjungi.

Tidak ada komentar: