Hadis tentang Imam dan Khatib tepatnya والامام يخطب adalah bahan diskusi saya dengan ta’mir masjid di desa saya. Masjid tempat saya shalat setiap hari, beberapa tokohnya berpendapat bahwa dalam pelaksanaan shalat Jum’at dan shalat Id atau shalat lain yang memerlukan khutbah maka yang bertindak selaku imam dan khatib harus satu orang. Hal ini didasarkan pada penggalan hadis والامام يخطب tersebut.
Dalam pandangan mereka, penggalan hadis tersebut
merupakan dalil keharusan antara imam dan khatib harus satu orang. Mereka
begitu kekeh dan kukuh terhadap pendapat tersebut. Meskipun diberikan contoh
bahwa hampir sebagian besar masjid di Indonesia, termasuk masjid Istiqlal
Jakarta, tidak mengharuskan hal tersebut. Faktanya memang demikian,
masjid-masjid lebih banyak yang memisah antara imam dan khatib. Mereka tetap
pada pendiriannya.
Berikut ini Materi Dakwah Islam dan kultum mempostingnya.
Hadis-hadis yang menjadi sandaran ta’mir masjid di desa saya adalah antara lain
sebagai berikut:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ
حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ
بْنُ الْمُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ
الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ (رواه البخاري ومسلم
)
حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ
دِينَارٍ قَالَ سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِاللَّهِ رَضِي اللَّهم عَنْهممَا
قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يَخْطُبُ
إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ أَوْ قَدْ خَرَجَ فَلْيُصَلِّ
رَكْعَتَيْنِ (رواه البخاري)
عن بن عباس قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من تكلم يوم الجمعة
والإمام يخطب فهو كمثل الحمار يحمل أسفارا والذي يقول له انصت ليس له جمعة
(ابن حنبل في مسنده)
Memahami hadis di atas dapat dilakukan melalui beberapa cara. Cara
yang dapat dilakukan antara lain adalah melalui konteks Hadis, syarah Hadis,
dan syarat dan rukun khutbah.
a. Konteks Hadis :
ketiga Hadis والامام
يخطب yang penulis kutib mempunyai konteks yang berbeda. Pada Hadis
pertama konteknya adalah kesia-siaan Ibadah Jum’at seseorang yang berbicara
sendiri pada saat Khatib sedang berkhutbah.
Hadis
kedua, konteknya adalah seseorang yang masuk masjid untuk beribadah Jum’at pada
saat Khatib sedang khutbah tetap dianjurkan untuk shalat tahiyyatul masjid.
Hadis
ketiga, konteknya adalah persamaan orang yang bicara sendiri ketika Khatib
berkhutbah dengan khimar.
b. Syarah hadist : mengenai syarah Hadis di atas dapat dibaca
seperti di bawah ini :
1. والحديث دليل على طلب
الإنصات في الخطبة ( إحكام
الأحكام شرح عمدة الأحكام: تقي
الدين القشيري ج : 1، ص : 225)
2. اختلف الفقهاء فيمن دخل المسجد والإمام يخطب: هل
يركع ركعتي التحية حينئذ أم لا؟ فذهب الشافعي وأحمد وأكثر أصحاب الحديث إلى أنه
يركع لهذا الحديث وغيره مما هو أصرح منه وهو قوله صلى الله عليه وسلم: "إذا
جاء أحدكم يوم الجمعة والإمام يخطب فليركع ركعتين وليتجوز فيهما وذهب مالك وأبو
حنيفة إلى أنه لا يركعهما لوجوب الاشتغال بالاستماع (إحكام الأحكام شرح عمدة
الأحكام : تقي الدين القشيري، ج : 1، ص : 223 – 224)
3. ( مثل الذي يتكلم يوم الجمعة والامام يخطب مثل الحمار يحمل اسفارا )
أي كتبا كبارا من كتب العلم فهو يمشي بها ولا يدري منها الا ما مر بجنبيه وظهره من
الكد والتعب ( والذي يقول له أنصت لا جمعة له ) ( التيسير بشرح الجامع الصغير : الإمام الحافظ زين الدين عبد الرؤوف المناوي ج:1، ص : 719)
أن من تكلم
والإمام يخطب فهو كالحمار يحمل أسفارا وجه المشابهة أن الحمار الذي يحمل أسفار لا
يستفيد منها والأسفار هي الكتب الحمار لو حملته كتبا لم ينتفع بها كذلك هذا الذي
جاء يستمع الخطبة لكنه يتكلم لم ينتفع لانه يشتغل بكلامه عن استماعه (
الشرح المختصر على بلوغ المرام ج: 3، ص: 296)
Inti dari maksud syarah Hadis tentang wa al-imaamu
yakhthub dalam sebagian kitab syarah hadis tersebut adalah tidak dibahas
tentang keharusan antara imam dan khatib Jum’at harus satu orang, tetapi lebih
menjelaskan pada aspek kontekstual Hadis. Artinya, hadis-hadis di atas tidak
untuk menjelaskan keharusan imam dan khatib Jum’at adalah satu orang.
Misalnya adalah pada syarah nomer satu. Pada syarah
tersebut dikatakan tentang keharusan diam pada saat berlangsungnya khutbah.
Setahu saya, tidak ada syarah yang mengharuskan sebagaimana yang dikatakan para
ta’mir masjid di desa saya.
Dalam pengertian ilmu nahwu, huruf و adalah wawu haaliyah. Maksudnya adalah untuk menerangkan
satu keadaan tertentu yang sedang berlangsung. Lebih jelasnya adalah bahwa
hadis tersebut menjelaskan tentang satu hal yang terjadi pada saat
berlangsungnya khatib yang sedang berkhutbah.
c. Syarat dan rukun khutbah
Pemahaman juga dapat dilakukan dengan memahami syarat-syarat dan
rukun Khutbah Jum’at, yaitu sebagai berikut :
Syarat :
Niat
Khutbah
pertama dan kedua harus dilaksanakan dengan keadaan berdiri bagi orang yang
mampu,
Khutbah
pertama dan kedua harus memakai bacaan bahasa Arab (?)
Khutbah
pertama dan kedua harus dilaksanakan setelah matahari bergeser ke barat,
Khatib
harus duduk antara khutbah pertama dan kedua dengan tenang, dan diam
(tumakninah),
Khatib
harus mengeraskan suaranya
Suci
dari hadas (besar atau kecil) dan suci pula dari najis, tubuh, pakaian dan
tempat khutbahnya
Menutup
aurat,
Dilaksanakan
sebulum pelaksanaan shalat Jum’at.
Adapun rukun-rukun Khutbah Jum’at ada lima, yaitu :
1.
Membaca
hamdalah, memuji kepada Allah ta’ala di dalam khutbah pertama dan khutbah
kedua. 2 Membaca shalawat atas Nabi Muhammad Saw. Di dalam khutbah pertama dan khutbah kedua.
3. Memberi wasiat taqwalah. Tiga rukun khutbah ini wajib dibaca dalam khutbah pertama dan
kedua.
4. Membaca (ayat) al-Qur’an di dalam salah satu dua khutbah. Khutbah pertama, atau khutbah
kedua. Tetapi al-Qur’an lebih baik dibaca di dalam khutbah yang pertama.
5. Dalam khutbah terakhir membaca do’a tertentu untuk orang-orang mukmin.
Dalam ketentuan syarat dan rukun khutbah di atas, tidak tercantum imam
dan khatib harus satu orang.
Kesimpulan
Berdasarkan matan Hadis, syarah Hadis dan juga
syarat rukun khutbah tidak ada ketentuan secara eksplisit yang mengharuskan
imam dan khatib adalah satu orang. Hal ini berarti, untuk melaksanakannya dapat
dipilih ketentuan (1) imam dan khatib satu orang atau (2) imam dan khatib
adalah orang yang berbeda.
Apabila dipilih imam dan khatib adalah orang yang
berbeda tidaklah menyalahi sunnah Rasulullah. Hal ini sesuai dengan pendapat
jumhur ulama bahwa : bukan merupakan syarat khatib dan imam Jum’at (termasuk
‘Ied : penulis) satu orang karena tidak adanya dalil yang mensyaratkan
demikian.
Hanya madzhab Maliki yang mengharuskan imam dan
khatib satu orang, karena khutbah dan shalat jum’at adalah satu rangkaian.
Bila dipahami, pendapat madzhab Maliki berlaku
hanya pada khutbah Jum’at dengan alasan khutbah dan shalat satu rangkaian.
Sedangkan dalam khutbah ‘ied tidak berlaku ketentuan ini karena antara khutbah
dan shalat ‘ied adalah dua hal terpisah.
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan beribadah.
Dan semoga kita beribadah tidak mendasarkan pada kebiasaan yang sudah berjalan,
tetapi benar-benar berdasarkan ilmu.
والله اعلم
بالصواب
Tidak ada komentar:
Posting Komentar